PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 BANGLI
Keywords:
Problem Based Learning, Media Canva, Kreatifitas Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas belajar peserta didik kelas XB SMA Negeri 1 Bangli pada materi pencemaran lingkungan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media aplikasi canva. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan pada setiap aspeknya. Aspek kognitif mengalami peningkatan siklus I 68,18%, siklus II 90,91%. Aspek afektif pada siklus I 75,55% untuk spiritual dan 75% untuk sosial, pada siklus II 100% untuk spiritual dan 100% untuk sosial. Aspek psikomotorik pada siklus I 81,82% dan siklus 2 100%. Kesimpulan dari penelitian adalah penggunaan model PBL berbantuan aplikasi Canva dapat meningkatkan kreatifitas belajar peserta didik.
Downloads
References
Anjelina, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Journal for Lessin and Learning Studies. 1(1), 21-32. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.p hp/JLLS/article/view/14621
Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbarsd.v4i2.63
Kurniasih, Imas dan Sani Berlin. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
Novianti, dkk. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. [Online]. Tersedia: https://jbasic.org/index.php/basicedu/a rticle/view/323.
Rahmatullah, R. Inanna, I., & Ampa, A.T. (2021). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327. http://eprints.unm.ac.id
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
Versions
- 2023-12-02 (2)
- 2021-03-08 (1)