PENGGUNAAN SOAL HOTS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII SMAN 1 MBELILING

Authors

  • Antonius Hutabarat SMAN 1 Mbeliling Manggarai Barat, NTT, Indonesia
  • Ni Wayan Ekayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Soal HOTS Biologi, Aplikasi Quizizz, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMAN 1 Mbeliling mata pelajaran Biologi. Penelitian dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang langsung dilaksanakan oleh guru dalam bentuk proses belajar mengajar di kelas, yaitu dengan melakukan tindakan-tindakan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaannya, penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Berdasarkan analisa hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan Soal HOTS Biologi Berbasis Aplikasi Quizizz mengalami peningkatan. Data hasil belajar Siklus I untuk nilai terendah sebesar 32, sedangkan pada Siklus II yaitu 68. Adapaun untuk nilai rata-rata untuk Siklus I sebesar 78,67 sedangkan pada Siklus II yaitu 88. Sedangkan untuk nilai tertinggi untuk Siklus I dan untuk Siklus II sama-sama sebesar 100. Berarti dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Soal HOTS Biologi Berbasis Aplikasi Quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Biologi peserta didik Kelas XII SMAN 1 Mbeliling Manggarai Barat NTT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson dan Krathwohl. 2002. Revisi Taksonomi Bloom. Jakarta: Rineka Cipta.

Akbar, Muh Rijalul, Mulyadi Mulyadi, and Shutan Arie Shandi. "Kajian Literatur Media Pembelajaran Grafis dalam Pembelajaran Bahasa." Jurnal Pendidikan Bahasa 11.2 (2021): 46-56.

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi.2006. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: BumI Aksara.

Agus Prayugo. 2012. http:agusprayugo. wordpress.com/2012/03/11/higher-order-thinking -skill- hots-dalam-pembelajaran-ipa/ feed/. Diakses pada 11 Februari 2017

Butkowski, J., Corrigan, C., Nemeth, T., & Spen cer, L. (1994). Improving student higher order thinking skills in mathematics. Theses, MathematicsEducation Research. Saint Xavier University-IRI, Field-Based Master’s Program.

Devi, P. K. (13 Mei 2012). Pengembangan Soal “Higher Order Thinking Skill” dalam Pembelajaran IPA SMP/MTs. Diambil tanggal 23 Juni 2013, dari http://p4tkipa.net/data-jurnal/HOTS .Poppy.pdf.

Effendi Sofian.2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES

Gunawan, A. W. (2003). Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Juhri. 2013. Landasan & Wawasan Pendidikan. Metro: Lestari.

Karwono. 2012. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

King, Goodson dan Rohani. (1998). Higher order thinking skills. [online]. Tersedia: http://www.cala.fsu.edu/files/higher_order_thinking_skills.pdf [diakses 5 Desember 2014]

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kusuma (2020) dalam Fauza, Naila, et al. "Persepsi Peserta Didik Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa di SMK Taruna Satria Pekanbaru." Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 8.1 (2021): 37-44.

Maydiantoro, Albet. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Upaya Meningkatkan Pemahaman Belajar. Metafora: Education, Social Sciences and Humanities Journal, 1 (4), 99-111.

Manurung, Imelda Free Unita, and Nurhairani Nurhairani. "Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Mengidentifikasi Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd." Js (Jurnal Sekolah) 4.2 (2020): 297-301.

Moore, D.T 2010. Critical Thingking and Intelegence Analysis. Washington: Diane Publishing Ormrod, JE. (2003). Educational psychology: developing learners. New Jersey, Person Education Inc. Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru dan Dosen: 2011. Bandar Lampug.

Paksi dan Lita (2020) dalam Lestari, Monica Yeni. Komparasi Motivasi Belajar IPA Ditinjau Dari Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Peserta Didik Kelas V Di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Diss. IAIN Ponorogo, 2022.

Retnawati, H. (2015, October). The Comparison of Accuracy Scores on the Paper and Pencil Testing vs. Computer-Based Testing. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology.

Sanjaya, Firmansan, Yudho Ramafrizal, and Saiful Almujab. "PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR." OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi 7.2 (2021).

Sampurna, K. 2009. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Cipta Karya

Saputra, Adi. 2015. Pengembangan Butir Soal HOTS (Higher Order of Thinking Skill).file:///F:/Penelitian/Soal%20HOTS/Oase%20pembelajaran%20%20pengembangan%20b utir%20soal%20HOTS %20(Higher%20Order%20of%20Thinking%20Skill).htm.

(Diakses tanggal 15 Februari 2017)

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

Suhartatik, T. (2020). BEST PRACTICE Implikasi Media Quizizz Berbasis Android Terhadap Kualitas Pembelajaran dalam Mencetak Siswa Berprestasi Di Tingkat Nasional. Ahlimedia Book.

Widodo, Tri Dkk. 2013. Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalahuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi PembentukanKarakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan Th. XXXII, No. 1: FMIPA Universitas Negeri Semarang (diakses tanggal 24 Januari 2017)

Downloads

Published

2021-03-06

How to Cite

Antonius Hutabarat, & Ni Wayan Ekayanti. (2021). PENGGUNAAN SOAL HOTS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII SMAN 1 MBELILING. Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 3(1), 38–41. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8061