MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 BANGLI
Keywords:
Penerapan, Model Pembelajaran PjBL, MotivasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPAS melalui implementasi model pembelajaran berbasis proyek yaitu Project-based Learning (PjBL). Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Bangli pada semester Ganjil tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan pengamatan (observasi) dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa project-based learning sangat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. peningkatan rata-rata motivasi belajar rata-rata skor motivasi siswa dan nilai kognitif siswa dari tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. peningkatan rata-rata skor motivasi belajar siswa sebelum penerapan Project-based Learning (Pra Siklus) sebesar 25 dengan kategori Baik, akhir siklus I sebesar 28,6 dengan kategori Baik, dan akhir siklus II sebesar 30,25. Rata-rata nilai kognitif siswa tahap Pra Siklus sebesar 68,8, siklus I sebesar 78,8, dan siklus II sebesar 89,6. Maka dari itu sangat disarankan untuk menerapkan Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran IPAS.
Downloads
References
Apriniarti, M. S., E. Yunidarvi., & Sukaryana. (2014). Model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA di SMPN 14 kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah. Vol.2, No.3, 203-214.
Fikriyah, M., Indrawati, & A. A. Gani. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (project based learning) Disertai Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Fisika di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.4, No.2, 181-186
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Ratnasari, S. F., & A. A. Saefudin. (2018). Efektivitas pendekatan contextual teaching and Learning (CTL) ditinjau dari kemampuan Komunikasi matematika siswa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol.6, No.1, 119-127
Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 262-270
Downloads
Published
Versions
- 2023-12-02 (2)
- 2021-03-06 (1)