MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 BANGLI

Authors

  • Ni Wayan Udayani SMK Negeri 1 Bangli

Keywords:

Penerapan, Model Pembelajaran PjBL, Motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPAS melalui implementasi model pembelajaran berbasis proyek yaitu Project-based Learning (PjBL). Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Bangli pada semester Ganjil tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan pengamatan (observasi) dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa project-based learning sangat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. peningkatan rata-rata motivasi belajar rata-rata skor motivasi siswa dan nilai kognitif siswa dari tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. peningkatan rata-rata skor motivasi belajar siswa sebelum penerapan Project-based Learning (Pra Siklus) sebesar 25 dengan kategori Baik, akhir siklus I sebesar 28,6 dengan kategori Baik, dan akhir siklus II sebesar 30,25. Rata-rata nilai kognitif siswa tahap Pra Siklus sebesar 68,8, siklus I sebesar 78,8, dan siklus II sebesar 89,6. Maka dari itu sangat disarankan untuk menerapkan Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran IPAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriniarti, M. S., E. Yunidarvi., & Sukaryana. (2014). Model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA di SMPN 14 kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah. Vol.2, No.3, 203-214.

Fikriyah, M., Indrawati, & A. A. Gani. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (project based learning) Disertai Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Fisika di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.4, No.2, 181-186

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Ratnasari, S. F., & A. A. Saefudin. (2018). Efektivitas pendekatan contextual teaching and Learning (CTL) ditinjau dari kemampuan Komunikasi matematika siswa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol.6, No.1, 119-127

Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 262-270

Downloads

Published

2021-03-06 — Updated on 2023-12-02

Versions

How to Cite

Ni Wayan Udayani. (2023). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 BANGLI. Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 3(1), 23–30. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8058 (Original work published March 6, 2021)