MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA CANVA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 2 KINTAMANI

Authors

  • Ni Kadek Artini SMK Negeri 2 Kintamani

Keywords:

Motivasi Belajar, Model Pembelajaran PJBL, Media Canva

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project-based Learning (PjBL) dengan berbantuan media canva untuk  meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas X  PH 1 SMKN 2 Kintamani. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X PH 1 SMKN 2 Kintamani berjumlah 36 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan motivasi belajar  peserta didik pada materi "Interaksi Antar Komponen Dalam Ekosistem" mata pelajaran IPAS kelas X PH 1 SMKN 2 Kintamani. Kesimpulan ini didasarkan adanya peningkatan rata-rata motivasi belajar peserta didik. Nilai rata-rata keaktifan siswa pada PPL siklus I dengan kategori cukup aktif, sedangkan PPL Siklus II nilai rata-rata keaktifan siswa dengan kategori meningkat aktif. Perolehan nilai hasil post tes dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebanyak 1.44%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285-291.

Raaihani, R. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Infografis (Canva) Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Downloads

Published

2021-03-06

How to Cite

Ni Kadek Artini. (2021). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA CANVA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 2 KINTAMANI. Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 3(1), 19–22. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8056