PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII MIPA3 SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 KINTAMANI
Keywords:
discovery learning, keaktifan siswa, prestasi belajarAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery learning untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Biologi siswa di kelas XII SMA Negeri 1 Kintamani. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, yang dilaksanakan pada siswa kelas XII MIPA3 sebanyak 25 orang serta wawancara dengan kepala sekolah,guru penggerak serta teman sejawat. Setelah dilakukan pengamatan, diketahui bahwa ada peningkatan keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Nilai rata-rata keaktifan siswa PPL siklus I dengan kategori cukup aktif. Sedangkan PPL Siklus II nilai rata-rata keaktifan siswa dengan kategori meningkat aktif. Sedangkan Nilai prestasi belajar siswa pada siklus I mengalami perubahan setelah diadakan pre-test dan post-test. Nilai siklus II adalah juga mengalami perkembangan yang menggembirakan dan memuaskan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah pemberian tugas, metode diskusi, dan ceramah serta melaksanakan sintak-sintak pembelajaran Discovery Learning. Artinya, penerapan pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi
Downloads
References
Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Metode Drill. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3).
Mahrunnisya, D. (2023). Keterampilan Pembelajar Di Abad Ke-21. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(1), 101–109.
Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 7(2), 61–68.
https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/789/pdf
Sari, C. P. (2018). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT MEMBACA SISWA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 32(7).
Downloads
Published
Versions
- 2023-12-02 (3)
- 2021-03-06 (2)