PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII MIPA3 SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 KINTAMANI

Authors

  • Ni Kadek Dewi Widianti SMA Negeri 1 Kintamani

Keywords:

discovery learning, keaktifan siswa, prestasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery learning untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Biologi siswa di kelas XII SMA Negeri 1 Kintamani. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, yang dilaksanakan pada siswa kelas XII MIPA3 sebanyak 25 orang serta wawancara dengan kepala sekolah,guru penggerak serta teman sejawat. Setelah dilakukan pengamatan, diketahui bahwa ada peningkatan keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Nilai rata-rata keaktifan siswa PPL  siklus I dengan kategori cukup aktif. Sedangkan PPL Siklus II nilai rata-rata keaktifan siswa dengan kategori meningkat  aktif. Sedangkan Nilai prestasi belajar siswa pada siklus I mengalami perubahan setelah diadakan pre-test dan post-test. Nilai siklus II adalah juga mengalami perkembangan yang menggembirakan dan memuaskan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah pemberian tugas, metode diskusi, dan  ceramah serta melaksanakan sintak-sintak pembelajaran Discovery Learning. Artinya, penerapan pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Metode Drill. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3).

Mahrunnisya, D. (2023). Keterampilan Pembelajar Di Abad Ke-21. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(1), 101–109.

Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 7(2), 61–68.

https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/789/pdf

Sari, C. P. (2018). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT MEMBACA SISWA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 32(7).

Downloads

Published

2021-03-06 — Updated on 2023-12-02

Versions

How to Cite

Ni Kadek Dewi Widianti. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII MIPA3 SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 KINTAMANI. Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 3(1), 15–18. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8055 (Original work published March 6, 2021)