KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RSU NEGARA

Penulis

  • Yudha Rahina Faculty of Dentistry Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gusti Ayu Yohanna Lily Faculty of Dentistry Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Gilang Wira Saputra Under-graduate student, Faculty of Dentistry Universitas Mahasraswati Denpasar

Kata Kunci:

gigi, kepuasan pasien, kesehatan, mulut

Abstrak

Latar Belakang: Kebutuhan dasar dari manusia dapat dituangkan dalam kesehatan, sehingga jika individu berada dalam kondisi sehat maka individu dapat melakukan tugas ataupun pekerjaan dengan maksimal. Peran pemerintah dalam memberikan fasilitas kesehatan cukup lengkap. Misalnya adanya poli gigi yang memiliki peran dalam layanan kepada masyarakat terkait kesehatan mulut dan gigi. Kepuasan pasien dapat diartikan sebagai pemenuhan harapan tentang perbandingan harapan yang akan diterimanya terkait dengan pelayanan yang diberikan oleh pegawai. Tujuan penelitian menganalisis kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di RSU Negara. Metode: Jenis penelitian ialah menggunakan non eksperimental dengan pendekatan deskriptif. Hasil: Hasil yang didapatkan seluruh indikator tergolong klasifikasi “Sangat Puas”. Adapun indikator kepuasan tertinggi ialah pada “Jaminan” yang memperoleh skor 38 sedangkan indikator yang paling rendah ialah “Bukti Fisik” yang memperoleh skor 28.

Kesimpulan: Kesimpulannya adalah kepuasan pasien RSU Negara dalam pemberian layanan kesehatan gigi ditinjau dari dimensi bukti fisik, daya tanggap, kepedulian, keandalan, dan jaminan. Berdasarkan hasil penelitian pada seluruh dimensi tersebut memaparkan pada klasifikasi “Sangat Puas” serta tidak ada pasien yang menyatakan tidak puas berdasarkan pelayanan yang diberikan di RSU Negara

Referensi

Prabowo SA, Subarkah MZ. Hubungan Aktivitas Keagamaan dengan Kesehatan Mental Narapidana. J RAP (Riset Aktual Psikol Univ Negeri Padang). 2020;11(1):35–45.

Imran H, Niakurniawati, Nasri. Hubungan komunikasi terapeutik terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut. J Gizi dan Kesehat. 2023;5(1):267–72.

Prasetyawati I, Sari TP. Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. J Pendidik Jasm Indones. 2013;9(2):141–7.

Winario M, Yulianti J, Khairi R, Mailiza D. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. J Lentera BITEP. 2024;2(1):22–7.

Anggia P, Yandi S, Mahata IBE. Kepuasan pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) terhadap kualitas dua fasilitas pelayanan kesehatan gigi. Padjadjaran J Denal Res Student. 2020;4(2):43–50.

Effendi K. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019. Excell Midwifery J. 2020;3(2):82–90.

Astuti S, Nyorong M, Januariana E. Pengaruh pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Sentosa Baru kota Medan. J Kesmas Prima Indones. 2020;2(2):2355–164.

Kurniawan A. Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit tingkat IV Slamet Riyadi Surakarta. Infokes. 2017;7(1):43– 50.

Nurba E. Analisis Tingkat Kepuasan Pelayanan Publik Pada Puskesmas Loa Janan. J Eksis. 2012;8(2):2297–308.

Muninjaya G. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC; 2015.

Noreti. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Mendawai Kecamatan Arut Selatan Kabupaten KotaWaringin Barat. Universitas Terbuka; 2016.

Raharja IGYD, Kusumadewi S, Astiti DP. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Poliklinik Gigi dan Mulut Rumah Sakit Umum Puri Raharja. Odonto Dent J. 2018;5(1):34–44.

Angraini. Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi di Poliklinik Gigi dan Mulut Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru Kabupaten Bone. Universitas Hasanuddin Makassar; 2015.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-07