Penyusunan Standar Operasional Prosedur Pelaporan Pajak dan Laporan Keuangan Serta Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 pada PT. Dharma Putra

Authors

  • Ni Kadek Elis Rianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Dwi Widyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Standar Operasional Prosedur

Abstract

Standar Operasional Prosedur (SOP) bisa diartikan sebagai suatu petunjuk organisasi atau perusahaan dalam menetapkan suatu tindakan baku. SOP berisi petunjuk yang menjelaskan cara yang diharapkan dan diperlukan oleh pekerja atau petugas dalam melakukan/menyelenggarakan pekerjaan mereka.

Dalam suatu perusahaan SOP merupakan suatu keharusan, dimana SOP bermanfaat untuk membantu kinerja staff perusahaan untuk lebih efektif dan efisien dalam penyelesaikan pekerjaan. Penerapan SOP dalam perusahaan perlu diperhatikan antara struktur organisasi dan pembagian tugas dalam perusahaan serta dikaitkan dengan beberapa hal penting dalam penerapan SOP, yakni : efisiensi, konsistensi, minimalisasi kesalahan, penyelesaian masalah, dan batasan-batasannya.

Selain SOP pada perusahaan, di era pandemi Covid-19 yang masih belum usai dan guna meminimalisir penyebarannya, setiap perusahaan dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Karena masih kurangnya pengetahuan tentang bahaya Covid-19 maka perlu diadakan sosialisasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 agar seluruh organisasi perusahaan terhindar dari bahaya virus Covid-19.

Downloads

Published

2021-03-18

Issue

Section

Articles