Penyusunan Standar Operasional Prosedur Pelaporan Pajak dan Laporan Keuangan Serta Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 pada PT. Dharma Putra

Main Article Content

Ni Kadek Elis Rianti
Anak Agung Dwi Widyani

Abstract

Standar Operasional Prosedur (SOP) bisa diartikan sebagai suatu petunjuk organisasi atau perusahaan dalam menetapkan suatu tindakan baku. SOP berisi petunjuk yang menjelaskan cara yang diharapkan dan diperlukan oleh pekerja atau petugas dalam melakukan/menyelenggarakan pekerjaan mereka.


Dalam suatu perusahaan SOP merupakan suatu keharusan, dimana SOP bermanfaat untuk membantu kinerja staff perusahaan untuk lebih efektif dan efisien dalam penyelesaikan pekerjaan. Penerapan SOP dalam perusahaan perlu diperhatikan antara struktur organisasi dan pembagian tugas dalam perusahaan serta dikaitkan dengan beberapa hal penting dalam penerapan SOP, yakni : efisiensi, konsistensi, minimalisasi kesalahan, penyelesaian masalah, dan batasan-batasannya.


Selain SOP pada perusahaan, di era pandemi Covid-19 yang masih belum usai dan guna meminimalisir penyebarannya, setiap perusahaan dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Karena masih kurangnya pengetahuan tentang bahaya Covid-19 maka perlu diadakan sosialisasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 agar seluruh organisasi perusahaan terhindar dari bahaya virus Covid-19.

Article Details

Section
Articles

References

Buku Panduan KKN Alternatif Peduli Pandemi Covid-19 Angkatan 43 Periode II. 2020.
LPPM UNMAS. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Profil PT. Dharma Putra Yustitia.
World Health Organization. Getting your workplace ready for COVID-19. [Internet]. 2020 [cited 3 March 2020] Available from: https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/getting-workplace-ready-for-covid-19
Hery, 2013. Akuntansi Keuangan Menengah 1, Edisi 1, Cetakan Pertama, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2018, Standar Akuntansi Keuangan Entensitas Mikro, Kecil dan Menengah : Jakarta.
Santoso, Iman. 2010 Akuntansi Keuangan Menengah. PT. Rafika Aditama.Bandung
Online Pajak. Diperoleh 18 Oktober 2018, dari https://www.onlinepajak.com/tax-amnesty-dan-tujuannya-di-indonesia
http://www.pajak.go.id diakses pada 7 November 2018.
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pelaksanaan Hak dan Pemenuhan Kewajiban Perpajakan.