PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS MAKANAN, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NIAT BELI DI WARUNG DEKADE

  • Irma Puspita Devi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gst Ngrh Agung Eka Teja Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Rihayana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Persepsi Harga, Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan

Abstract

Niat membeli terbentuk dari sikap konsumen terhadap produk dari keyakinan konsumen terhadap kualitas produk. Dalam upaya meningkatkan niat beli diperlukan adanya penetapan harga yang tepat , peningkatan kualitas makanan dan peningakatan pelayanan sehingga menimbulkan niat konsumen untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kualitas makanan, dan kualitas pelayanan terhadap niat beli di Warung Dekade. Responden pada penelitian ini berjumlah 185 orang. Penentuan sampel menggunakan metode accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis menggunakan analisis korelasi berganda, analisis koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli di Warung Dekade, kualitas makanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli di Warung Dekade, Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli di Warung Dekade. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel lain yang secara teori mempunyai pengaruh terhadap niat berkunjung kembali, seperti kepuasan konsumen.

References

A.A Ngurah Dianta, Esa Negara Zainul Arifin, Inggang Perwangsa Nuralam.2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Minat Beli (Di Gerai Starbucks Di Kota Surabaya)

Acmad, F. & Supriono, 2017. Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Ulang (Survei pada Konsumen Go-ride di Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(2), pp.135 - 141.

Abimanyu,“Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan terhadap kepercayaan klien pada PT. Jasa Raharja (PERSERO) cabang Bali”,Magister Manajemen,Universitas Udayana,Denpasar, 2010

Adhi, Laksista & Winda, Pradini. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Minat Beli Ulang Pada Restoran Kentucky Fried Chiken (KFC). Jurnal Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana.

Adhi, Rah Kusma. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kompetensi Tenaga Penjualan dan Citra Perusahaan Terhadap Niat Beli Ulang (Studi Pada PT Ratna Intan Kusuma di Semarang). Tesis dipublikasikan,Universitas Diponegoro, Semarang.

Afifah, Hanna.2018. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Niat Pembelian Ulang Melalui Mediasi Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Matahari Departement Store Yogyakarta

Aji Seno Putro Sakti. 2011. Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan Pengguna Dan Orientasi Belanja Terhadap Niat Beli E-Commerce

Anindita Kurniasari. 2015. Analisi Pengaruh Persepsi Harga , Produk Kebersihan Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Resto Jepang Nagoya Fushion Solo

Ari Hartadi. 2015. Analisi Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Makanan Dan Nilai Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Di Waroeng Special Sambal Cabang Kentingan Surakarta

Aptaguna,. dan Pitaloka. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Niat Beli Jasa Go-Jek Clyo Paza Kartika Rustamat, Anik Lestari

Andjarwati. 2014. Pengaruh Kualitas Produk,Citra Merek Dan Harga Terhadapniat Beli Konsumen Pada Samsung Galaxy Tab Edo Praditya Denniswara. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Intensi Membeli Ulang Produk My Ideas Elizabeth Kusumawati. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Niat Beli Ulang Pada Kfc

Eva Inayah Luftiani. 2016. Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merekdan Persepsi Harga Terhadap Minat Pembelian Pada Produk Di Supermarket Superindo Yogyakarta

Hardiansyah 2011, Kualitas Pelayanan Publik; Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya, Gava Media, Yogyakarta.

Hartadi, Ari. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Makanan Dan Nilai yang dirasakan terhadap Niat Beli Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Kentingan Surakarta)

I Kadek Suarjana, Ni Wayan Sri Suprapti. 2018. Pengaruh Persepsi Harga Pengetahuan Produk, Dan Citra Perusahaan Terhadap Niat Beli Layanan Multi Servis Merk Indihome

I Made Ari Santikayasa, I Wayan Santika. 2019. Peran Citra Toko Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelanggan Terhadap Niat Beli Konsumen

Inda Ayu Dinda Savitri, I Made Wardana. 2018. Pengaruh Citra Merk, Persepsi Harga Terhadap Niat Beli Ulang

Jiang, P. & Bert, R., 2005. Customer Intention to Return Online: Price Perception, Attribute-level Performance and Satisfaction Unfolding Over Time. International Journal of Marketing, 4(1), pp.20-30. Kotler Keny Jaya dan Kert Yasa. 2018. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, Dan Sikap Terhadap Niat Beli Kembali Di Situs Lazada

Kotler, Philip dan Amstrong Gery. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: PT Malanan Jaya Cermelang. Kotler, Philip. 2002. Edisi Milenium. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Prenhalindo.

Latief, Abdul. 2018. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Niat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa)

Michell Suwariyanti Yonathan dan Ign. Sukirno. 2015. Pengaruh Persepsi Nilai, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga Dan Citra Merekterhadap Niat Beli Produk Pakaian Nevada

Parasuraman, Zeithaml dan Berry. 1988. SERVQUAL : A Multiplei-Item Scale for Measuring Consumer Perception of Service Quality. Journal of Retailing, Marketing Science Institute, 1(64) :h:12-40

Parasuraman, Zeithaml dan Berry. 1988. dalam Fandy Tjiptono, Yamto Chandra, dan Anastasia Diana. 2004. Marketing Scales, Andi Offset, Yogyakarta.

Pratiwi., Muhtadi, Ahmad., dan Surahman, Emma. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Beli Obat di Depo Farmasi Anggrek RSUP Dr. Hasan Sadikin, Bandung

Sarwo Eddy Wibowo, Ending Ruswanti, Unggul Januarto. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Ulang Di Toko Gramedia Yogyakarta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta

Zanuba Afifah Chafdhon F, Pengaruh Kualitas Makanan , Promosi Harga, Dan Kualits Pelayanan Terhadap Kepuasan Dalam Membentuk Niat Beli Ulang Di Papa Ron’z Pizza

Published
2020-04-15
Section
Articles