PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT (POS) TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN CUSTOMER SERVICE PADA PT. ANGKASA PURA SUPPORT BALI

Authors

  • Kadek Intan Dwi Permita Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gde Bayu Surya Parwita Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Gaya kepemimpinan transformasional, perceived organizational support, kepuasan kerja karyawan

Abstract

Kepuasan kerja merupakan tingkat perasaan senang seseorang sebagai penilaian positif terhadap pekerjaannya dan lingkungan tempat kerjanya. Ketika seorang karyawan telah dipenuhi tingkat kebutuhannya oleh perusahaan tempat ia bekerja maka ia akan merasa puas dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan perceived organizational support (POS) terhadap kepuasan kerja karyawan customer service pada PT Angkasa Pura Support Bali. Penelitian ini dilakukan di PT Angkasa Pura Support Bali dengan menggunakan sampel sebanyak 68 orang karyawan. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah dengan metode sensus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS. Bedasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan transformasional dan perceived organizational support secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Sedangkan secara simultan, gaya kepemimpinan transformasional dan perceived organizational support berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan.

Downloads

Published

2020-04-15

Issue

Section

Articles