PENGARUH EFISIENSI OPERASIONAL , NET INTEREST MARGIN TERHADAP PROFITABILITAS PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DI KECAMATAN PAYANGAN PERIODE 2016-2018

  • Ni Made Rina Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Bagus Gunadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Suarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Efisiensi Operasional (BOPO), Net Interest Margin (NIM), Profitabilitas, Return On Asset (ROA)

Abstract

Untuk meningkatkan kesejahteran masyarakat dan menunjang serta meningkatkan perekonomian desa pekraman. Pemerintah Provinsi Bali membentuk suatu lembaga ekonomi yaitu Lembaga Perkreditan Desa (LPD). Dalam penelitian ini menggunakan teknik penetapan sampel dengan purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, Uji Asumsi Klasik, uji F, Uji determinasi dan Uji t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa BOPO mempunyai pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap ROA dan NIM berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA. Pihak LPD diharapkan untuk melakukan pengendalian atas pengeluaran operasional dengan cara mengontrol setiap pos-pos pengeluaran biaya yang terjadi, sehingga dapat mencegah penyimpanan maupun pembengkakan biaya usaha LPD yang akan berdampak pada peningkatan profitabilitas.

References

Alifah , Y. B. 2014. Pengaruh CAR, NPL, BOPO, dan LDR pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2012. Skipsi. Yogyakarta : FE Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudiyanto, Bambang dan Rini Setiyowati, 2012. Pengaruh BOPO, NPL, NIM dan CAR Terhadap Kinerja Keuangan Bank. Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Vol 1, No 1.

Ponco, Budi . 2008. Analisis CAR, NPL, BOPO, NIM, dan LDR Tehadap ROA (Studi Kasus pada perusahaan Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2007). Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro, 2008.

Buyung, Ahmad. 2009. Analisis Pengaruh NPL, CAR, LDR , dan BOPO Terhadap profitabilitas bank ( Perbandingan Bank Umum Go Publik dan Bank Umum Non Go Publik di Indonesia Periode Tahun 2005-2007), Tesis Universitas Deponegoro, Semarang.

Defri. 2012. Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Likuiditas dan Efisiensi Operasional Terhadap Profitabilitas Perbankan yang Terdaftar di BEI. Jurrnal Manajemen, Nomor 1, September 2012.

Diana Puspitasari. 2012. Analisis pengaruh CAR, NPL, PDN, NIM, BOPO, LDR, dan Suku Bunga SBI terhadap ROA (studi pada Bank Devisa di Indonesia Periode 2003-2007). Tesis. Program Pascasarjana Magister manajemen, UNDIP Semarang.

Eng, T.Sau. 2013. Pengaruh NIM, BOPO, LDR, NPL & CAR Terhadap ROA Bank Internasional Dan Bank Nasional Go Public periode 2007-2011. Jurnal dinamika manajemen, 1(3).

Fahmi, I. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: CV Alfabet.

Kasmir. 2013. Analisis Laporan keuangn. Edisi petama. Jakarta : rajawali, pers.

Marnov, Nainggolan. 2009. Analisis Pengaruh LDR, NIM, dan BOPO terhadap ROA, Skripsi. Program sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Rahman, Teddy. 2009. Analisis Pengaruh Car,NIM, BOPO, LDR, NPL Terhadap perubahan Laba (Studi Kasus Pada Bank Non Devisa Di Indonesia Periode 2003- 2007). Tesis Program Studi Magister Manajemen Universitas Di Ponegoro Semarang.

Restiyana, 2011. Analisis Pengaruh CAR, NPL, BOPO, LDR dan NIM terhadap Profitabilitas perbankan, Skripsi. Program sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Riski, Amriani, Fitri. 2012. Analisis Pengaruh CAR, NPL, BOPO, dan NIM terhadap LDR pada Bank BUMN Persero Di Indonesia Periode 2006-2010”. Universitas Hasanuddin Makasar, Skripsi.

Sebatiningrum, Nur Khasanah. 2006. Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) , Likuiditas dan Efisiensi Operasionl Terhadap Profitabilitas perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Skripsi. Semarang Universitas Negeri semarang.

Sudiyanto, Bambang. 2010. Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, BOPO, CAR, dan LDR tehadap Kinerja Keuangan pada sektor perbankan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2005-2008. Jurnal Dinamika keuangan dan perbankan. 2(2).

Tan, S.E. 2013. Pengaruh NIM, BOPO,LDR, NPL dan CAR Terhadap ROA Bank Nasional Dan Bank Nasional Go Public Periode 2007-2011. Jurnal Dinamika Manajemen, 1.

Wahyuni, Rasyid Sri. 2012. Analisis Pengaruh LDR, NIM, dan Efisiensi terhadap ROA Bank Umum Indonesia. Skripsi. Universitas Hasanudin.

Zulfikar, Taufik. 2014. Pengaruh CAR, LDR, NPL, BOPO dan NIM Terhadap Kinerja Profitabilitas (ROA) Bank Perkeditan Rakyat di Indonesia Jurnal Graduate Unpar. 1(2): 889-921

Published
2020-04-15
Section
Articles