PENGARUH PROMOSI JABATAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT BANK PERKREDITAN RAKYAT PICU MANUNGGAL SEJAHTERA DENPASAR

Authors

  • Ni Putu Yunita Suwintari

Keywords:

Promosi Jabatan, Kompensasi dan Kepuasan Kerja

Abstract

Pemberian  promosi jabatan yang sesuai dengan keahlian dan dedikasi dalam bekerja, merupakan cara yang dilakukan pimpinan perusahaan untuk memberikan dorongan  berupa  kompensasi kepada karyawan agar merasa puas bekerja didalam perusahaan. Setiap karyawan memiliki keinginan untuk selalu menjadi lebih baik, menduduki jabatan yang lebih tinggi, memperoleh upah atau gaji yang lebih tinggi dan memperoleh status yang lebih tinggi.

Tujuan penelitian untuk mengetahui  pengaruh promosi jabatan dan  kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Bank Perkreditan Rakyat Picu Manunggal Sejahtera Denpasar.Jumlah sampel balam penelitian ini sebanyak 35 orang, Metode mengumpulan sampel dengan metode sensus. Teknik analisis dengan analisis regresi linier berganda, korelasi, determinasi, uji F dan uji-t.

Hasil penelitian Hasil  uji F diperoleh  promosi jabatan  dan  kompensasi  secara simultan berpengaruh  positif dan signifikan terhadap  kepuasan,   karena  Fhitung  sebesar  4,214 > Ftabel  sebesar 3,29 dengan sig  0,024 lebih kecil dari  a = 0,050artinya bila promosi jabatan dan kompensasi ditingkatkan  maka  kepuasan kerja  akan meningkat. Hasil uji t promosi jabatan  ditemukan nilai thitung sebesar 2,228 > ttabel  = 1,685 dan tingkat  sig = 0,033 < α = 0,050 berarti  promosi jabatan  berpengaruh signifikan terhadap  kepuasan kerja karyawan. Artinya  bila promosi jabatan ditingkatkan maka   kepuasan kerja  akan meningkat. Hasil uji t  kompensasi  diperoleh nilai thitung 2,400 >  ttabel  = 1,685 dan tingkat  sig = 0,022 < α = 0,050 berarti kompensasi  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja.

Downloads

Published

2019-12-02

Issue

Section

Articles