PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO UFO ELEKTRONIK COKROAMINOTO DENPASAR

  • Ni Nyoman Sonia Indra Wahyuni
  • A.A. Putu Agung
  • Ni Putu Nita Anggraini
Keywords: Kualitas pelayanan, bauran promosi, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh variabel kualitas pelayanan dan bauran promosi pada keputusan pembelian.Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner dan wawancara kepada 85 konsumen Toko UFO Elektronik Cokroaminoto Denpasar sebagai sampel penelitian dengan menggunakan metode accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, yaitu uji uji validitas dan reabilitas,uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroakedastisitas, analisis regresi berganda, analisis korelasi berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji t.Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Y=0,941+ 0,406+X1+0,342 X2. Hasil koefisien korelasi berganda adalah 0,638 yang berarti terdapat hubungan yang positif dan kuat antara variabel kualitas pelayanan dan bauran promosi terhadap keputusan pembelian Toko UFO Elektronik Cokroaminoto Denpasar. Hasil analisis determinasi diperoleh koefisien tingkat signifikan sebesar 40,8%. Analisis uji F diperoleh F hitung sebesar 28,200 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji t antara kualitas pelayanan dengan keputusan pembelian diperoleh t hitung sebesar 4,016 dengan tingkat signifikan 0,000, sedangkan hasil uji t antara bauran promosi dengan keputusan pembelian diperoleh t hitung sebesar 4,462 dengan tingkat signifikan 0,000. Simpulan penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan bauran promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko UFO Elektronik Cokroaminoto Denpasar.

References

Fandy Tjiptono. 2012. Service Manajemen, Mewujudkan Layanan Prima.Yogyakarta: CV Andi Offset

Prasetio, Ari. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap KepuasanPelanggan.

Management Analysis Journal 1, Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Lamb Hair. 2008. Essensial of Marketing, USA: International Thompson Publishing Basu Swastha dan Irawan, 2007, Manajemen Pemasaran Modern, FE UGM:Yogyakarta.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry, L.L. (1993).The nature and determinants of Customer expectations of service, Journal of the Academy of Marketing Science, 21(1): 1-12.

Fandy Tjiptono, ph.D (2014), Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, Penelitian, Edisi Pertama,CV. ANDI OFFSET, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2005. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2014 Pemasaran Jasa. Gramedia Cawang. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid Jakarta Erlangga.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.

Indriyo Gitosudarmo. 2012 .Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Buku I, Cetakan Kedua. Penerbit CAPS, Yogyakarta.

Hutama Putra, Radiktya. 2013 .Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Cahaya Sakti Yamaha Di Surabaya. 15

November.Tesis sarjana, Fakultas Ekonomi.

Astuti, Tri. 2013.Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga,Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah.

Volume 02 no 1.Jurnal Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen Indonesia

Andrianto, HN. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis Mpv Merek Toyota

Kijang Innova Di Semarang.Volume 02 no 3.Jurnal Manajemen Diponegoro

Wijaya, M.H.P. 2013.Promosi, Citra Merek, Dan Saluran Distribusi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Terminix Di Kota Manado.Volume 01 no 4.Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.

Isnain, Baskara Putra. 2014. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Social Networking Websites).07 Oktober.Jurnal Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

Kurniasari. 2013. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Waroeng Steak & Shake Cabang Jl. Sriwijaya 11 Semarang).Volume 02 no 2.Jurnal Manajemen Diponegoro

Lasander, Christian. 2013. Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional.

Volume 01 no 3.Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi

Haryanto, R.A. 2013. Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonald’s Manado. Volume

No 4. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi

Sasongko Dkk. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Kompetitif, Kelengkapan Barang Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Swalayan Alfa Omega Baturetno, Wonogiri. 19 April. Jurnal Manajemen Diponegoro

Wahid Imam D, Rodhiyah Rodhiyah. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia Di

Kota Semarang.Volume 05 no 4.Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Prof. Dr, Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D) ; Alfabeta. Bandung.

Sugiyono 2015.Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas

Diponegoro.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.

Swastha,basu. 2007. Manajemen pemasaran analisa perilaku konsumen. Yogyakarta: BPFE

Tejdhakusuma, R.; Hartini S. dan Muryani.(2006). Anaalisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Air Minum Mineral di Kotamadya Surabaya.Jurnal Penelitian Dinamika Sosial Vol. 2 No. 3 Desember 2001: 48 -58.

Ghozali, Imam. 2005. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Mulivariate dengan Program IBM SPSS 19”.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Nugroho, Yanuar. 2007. “Dilema Tanggung Jawab Kororasi”. Kumpulan Tulisan. www.unisosdem.org. Diunduh tanggal 23 Oktober 2011.

Published
2019-12-02
Section
Articles