OPTIMASI WAKTU PERENDAMAN INFUSED WATER KOMBINASI JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) DAN DAUN MINT (Mentha piperita L) TERHADAP KADAR VITAMIN C

Penulis

  • Dewa Ayu Ika Pramitha Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Vitamin C, Jeruk nipis, Infused water, Spektrofotometri UV-Vis

Abstrak

Infused water adalah air yang ditambah dengan potongan buah-buahan dan didiamkan selama beberapa jam sampai sari buahnya keluar, lalu siap dikonsumsi, sehingga memberi cita rasa dan manfaat untuk kesehatan. Salah satu buah-buahan yang digunakan untuk membuat infused water yaitu jeruk nipis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa waktu perendaman yang dibutuhkan untuk mendapatkan kadar vitamin C yang optimum dalam infused water kombinasi jeruk nipis dan daun mint. Pembuatan infused water dilakukan dengan cara 10 gr jeruk nipis dipotong dan direndam dalam 100 ml air ditambahkan daun mint didalam toples kaca.Infused water direndam dengan variasi waktu 30,60,90,120 dan 150 menit. Lalu dari masing-masing waktu perendaman tersebut diambil 1 mL sebagai sampel dan diuji dengan metode spektrofotometri UV-Vis. Kadar vitamin C secara optimum diperoleh pada waktu perendaman jeruk nipis (Citrus aunrantifolia) dan daun mint (Mentha piperita L) dalam infused water selama 90 menit dengan kadar (29.84±42.2)mg/100mg. Apabila buah jeruk nipis direndam lebih lama dari 90 menit maka kadar vitamin C yang didapat akan lebih sedikit karena vitamin C telah mencapai titik jenuh dan mengalami proses oksidasi.

Kata Kunci: Vitamin C, Jeruk nipis, Infused water,Spektrofotometri UV-Vis

Biografi Penulis

Dewa Ayu Ika Pramitha, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Program Studi D3 Farmasi, Fakultas Farmasi

Referensi

Anbudhasan, P., Surendraraj, A., Karkuzhali, S. & Sathishkumaran, S., 2014, “NATURAL ANTIOXIDANTS AND ITS BENEFITS,” INTERNATIONAL JOURNAL OF FOOD AND NUTRITIONAL SCIENCES, 3(6), 225–232.

Apriliyani, D.A., Prabawa, S. & Yudistira, B., 2021, “PENGARUH VARIASI FORMULASI DAN WAKTU PENGERINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN HERBAL DAUN BELUNTAS DAN DAUN MINT,” Agrointek : Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 15(3), 867–876.

GANDJAR, I.G. & ROHMAN, A., 2007, Kimia farmasi analisis, PUSTAKA PELAJAR.

Haitami, H., Ulfa, A. & Muntaha, A., 2017, “Kadar Vitamin C Jeruk Sunkist Peras dan Infused Water,” Medical Laboratory Technology Journal, 3(1), 22–26.

Harifah, I., Mustofa, A. & Suhartatik, N., 2016, “AKTIVITAS ANTIOKSIDAN INFUSED WATER DENGAN VARIASI JENIS JERUK (NIPIS, LEMON, DAN BABY) DAN BUAH TAMBAHAN (STROBERI, ANGGUR HITAM, DAN KIWI),” JITIPARI (Jurnal Ilmiah Teknologi dan Industri Pangan UNISRI), 1(1).

Harmita, H. (Harmita), 2004, “Petunjuk Pelaksanaan Validasi Metode Dan Cara Perhitungannya,” Pharmaceutical Sciences and Research, 1(3), 160791.

Ivakdalam, L.M., Zasendy Rehena, dan & Rehena Univeristan Kristen, Z., 2020, “Pengaruh Rendaman Jeruk Nipis ( Citrus aurantifolia ) terhadap Kandungan Vitamin C dan pH Minuman Infused Water,” Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 12(2), 344–349.

Kuntari, F.R., Pranoto, S., Tiswati, K.A. & Sutresno, A., 2019, “Studi Proses Difusi melalui Membran dengan Pendekatan Kompartemen,” Jurnal Fisika dan Aplikasinya, 15(2), 62–65.

PRASTIWI, S.S. & Ferdiansyah, F., 2017, “KANDUNGAN DAN AKTIVITAS FARMAKOLOGI JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia Swing.),” Farmaka, 15(2), 1–8.

Pratiwi, D., Hastuti, N., Niken, N.W., Armandari, I., Ikawati, M., Hermawan, A. & Meiyanto, E., 2010, “Potensi Ekstrak Etanolik Kulit Buah Jeruk Nipis Citrus Aurantifolia L. sebagai Agen Khemopreventif Melalui Penekanan Ekspresi c-Myc dan penghambatan Proliferasi pada Sel Payudara Tikus Galur Sparague Dawley Terinduksi 7,12-Dimetilbenz[a]antrasena,” Majalah Obat Tradisional, 15(1).

Sapei, L. & Hwa, L., 2014, “Study on the Kinetics of Vitamin C Degradation in Fresh Strawberry Juices,” Procedia Chemistry, 9, 62–68.

Satria, D. & Tarigan, R.E., 2017, “ANALISIS KANDUNGAN VITAMIN C PADA BUAH STROBERI (Fragaria x ananassa Duschesne) SECARA SPEKTROFOTOMETRI ULTRAVIOLET (UV) | JURNAL FARMANESIA,” Jurnal Farmanesia, 4(1).

Soraya, N., 2014, Infused Water: Minuman Alami Bervitamin dan Super Sehat, Penebar Plus, Bogor.

Suhartati, T., 2017, DASAR-DASAR SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS DAN SPEKTROMETRI MASSA UNTUK PENENTUAN STRUKTUR SENYAWA ORGANIK, AURA CV. Anugrah Utama Raharja, Bandar Lampung.

Wassalwa, M., 2016, “Pengaruh Waktu Infusa dan Suhu Air yang Berbeda Terhadap Aktivitas Antioksidan dan Vitamin C pada Infused Water Kulit Pisang | Wassalwa | Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi, 1(1).

Diterbitkan

30-03-2022