TRANSFORMASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS ICT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI ERA 4.0

Authors

  • I Nyoman Adi Susrawan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Unmas Denpasar

Keywords:

Information and Communication Technology (ICT), Blanded Learning

Abstract

Untuk menjawab tantangan pembelajaran bahasa Indonesia di era 4.0, transformasi pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) merupakan salah satu upaya strategis yang harus dilakukan oleh para guru. Transformasi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis ICT merupakan bentuk pembelajaran bahasa Indonesia dengan memanfaatkan ICT sebagai mediumisasi pembelajaran. Pembelajaran berbasis ICT menuntut guru yang bukan saja melek teknologi (multitasking mulai dari hardware, software) tetapi juga menuntut guru agar memiliki pengetahuan luas dan kecakapan/keterampilan tinggi di bidang yang diajarkannya, memiliki kemampuan memilih dan menggunakan metode atau strategi pembelajaran, sekaligus memerankan diri sebagai model untuk menginspirasi peserta didik. Dalam konteks pembelajaran bahasa Indonesia, implementasi transformasi ICT tidak hanya berbicara tentang media, tetapi juga berkaitan dengan model yang digunakan. Salah satu model pembelajaran bahasa Indonesia yang dapat diterapkan melalui penggunan media berbasis ICT adalah model Blended Learning. Blended learning merupakan pembelajaran yang mengkombinasikan atau menggabungkan berbagai komponen diantaranya online learning, pembelajaran tatap muka dan belajar mandiri. Melalui blended learning dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif untuk terjadinya interaksi antara sesama peserta didik, dan peserta didik dengan pendidiknya tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

References

Andriani, Tuti. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Infromasi dan Komunikasi. Sosial-Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Budaya. 12 (1), 127-150.

Ariyati, Deasy. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital Di Era 4.0: Tantangan Dan Harapan. Prosidng Seminar Nasional #5: Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya Untuk Mempersiapkan Generasi Emas 2045 / https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/18683

Armawi, Armaidy, dkk. (2020). Transformasi Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Memperkuat Ketahanan Pribadi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/downloadSuppFile/36250/8248.

Boeriswati, Endry. (2019). Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Menuju Era Industri 4. https://endryboeriswati.wordpress.com/2019/05/11/pembelajaran-bahasa-dan-sastraindonesia-menuju-era-industri-4/

Brown, H.D. (2000). Principle of Language Learning and Teaching, Fouth Edition. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Regent.

Driscoll, M. (2002) Blended Learning: Let‟s Get beyond the Hype. IBM Global Services.

Hartoyo. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Bahasa. Semarang: Pelita Insani Semarang. http://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran _elektronik

Saiakin. (2015). Model Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis ICT (Information and Communication Technology) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik SMA. https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/370.

Sawitri, Erwin, dkk. (2019). Hambatan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 03 Mei 2019.

Suci, I Gede Sedana, dkk. (2020). Transformasi Digital dan Gaya Belajar. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Sukardi Ks dan Sri Harjo. (2016). Pengembangan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Blended Learning. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) VIII Universitas Terbuka Convention Center, 26 November 2016. http://repository.ut.ac.id/6551/1/TING2016ST2-28.pdf

Suryadi, Ace. (2007). Universitas Krisnadipayana. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 8, Nomor 1, Maret 2007, 83-98.

Suwandi, S. (2013). Peran Guru Bahasa Indonesia yang Inspiratif untuk Mewujudkan Perserta didik Berkarakter. Dalam Saddhono, K. Et.al (ed.) Proceeding Seminar Internasional PIBSI XXXV (hlm. 1—10). Surakarta: Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP-UNS.

Downloads

Published

2021-11-23

Issue

Section

Articles