PENGAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DALAM MEWUJUDKAN GENERASI MUDA YANG BERETIKA DAN BERESTETIKA DI ERA REVOLUSI 4.0

Authors

  • Dewi Shintiyah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Sintia Wulandari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Budi Hatiningsih Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

pendidikan, revolusi 4.0, pembelajaran

Abstract

Seluruh konsep pembelajaran telah dirancang dan di terapkan di dunia pendidikan. Belakangan ini mentri pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim telah mencetuskan konsep pembelajaran yang baru yang banyak diperbincangkan dalam dunia pendidikan yaitu konsep merdeka belajar. Konsep tersebut menjadi salah satu upaya dalam menghadapi perkembangan zaman di era 4.0 dimana era ini merupakan era dimana teknologi semakin meninggi. Pendidikan 4.0 merupakan sebuah program yang dirancang untuk mendukung terwujudnya pendidikan cerdas melalui peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan, perluasan akses, dan relevansi memanfaatkan teknologi dalam mewujudkan pendidikan kelas dunia. Tujuannya untuk menghasilkan siswa yang memiliki keterampilan kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, dan kreatif. Pada masa kini, pendidikan dipengaruhi oleh berbagai aspek, salah satunya yakni transformasi digital. Dalam penerapannya, transformasi digital bukan hanya mempengaruhi sistem pembelajaran, tetapi juga sistem manajemen sekolah. Dapat dikatakan hampir seratus persen interaksi antara peserta didik dengan pendidik bergantung pada teknologi informasi.

References

Abdul Kadir & Terra CH. (2003). Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Errington, E. (2004) The impact of teacher beliefs on flexible learning innovation: some practices and possibilities for academic developers. Innovations in Education and Teaching International, 41 (1), 39-47. Doi. 10.1080/1470329032000172702

Savitri Astrid. 2019. Revolusi Industri 4.0, Mengubah Tantangan Menjadi Peluang Di Era Dirupsi 4.0.Yogyakarta: Penerbit Ganesis.

Kementerian pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kemdikbud.

Jatnika, Yanuar. 2017. Literasi Digital untuk Kemajuan Bangsa. Majalah pendidikan keluarga Edisi 6 tahun kedua Agustus 2017. Jakarta: Kemdikbud.

Kementerian pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak di Era Digital (Edisi Revisi). Jakarta: Kemendikbud

Mulyadi. Makalah (online). Peran LiterasiBahasa dalam RevolusiIndustri. diakses 10 Maret 2019.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Syanurdin. 2019. Tantangan dan Peluang Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0.

Jurnal Lateralisasi, (online) Volume 7 Nomor 2, Desember 2019 ISSN: 2354-936X; eISSN: 2614-4522 http://jurnal.umb.ac.id/index.php/lateralisasi

Axford, B.(2009). Scaffolding Literacy.Victoria: Accer Pres.

Abidin, Y. (2018). Pembelajaran Multiliterasi; Sebuah Jawaban atas Tantangan Abad ke-21 dalam Konteks KeIndonesiaan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., & Komariah, S. (2017). Kajian Aplikatif Penanaman Nilai- Nilai Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar Berdasarkan Perspektif Pedagogik Kritis. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).

Abidin,Y., Mulyati,T.,&Yunansah,H. (2018). Pembelajaran Literasi; Strategi Meningkatkan Kemampuan Litersi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibda, H. (2018). Penguatan Literasi Baru pada Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0.JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, I, 1–21.

Ibda, H. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Baru di Perguruan Tinggi dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. JALABAHASA, 15(1), 48– 64.

Kern, R. (2000). Literacy and Language Teaching.Oxford: Oxford University.

Meliantina, M. (2019). Menerapkan Budaya Literasi Guru Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan di Era Industri 4.0. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 120–139.

Noermanzah & Friantary, H. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631.

Roysa, M. (2014). Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 sebagai Penghela Peradaban Bangsa. Semarang: Duta Publishing Indonesia.

Rozak, A. (2018). Perlunya Literasi Baru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. UINJKT. Ac. Id. Retrieved from https://www.uinjkt.ac.id/id/perlunya-literasibaru-menghadapierarevolusi-industri-4-0

Downloads

Published

2021-11-23

Issue

Section

Articles