BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING

Authors

  • Arinda Rahmawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

pembelajaran BIPA, pengajaran, bahasa

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan tentang Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Salah satu masalah terbesar yang dihadapi dalam pembelajaran BIPA ialah motivasi belajar peserta. Banyak alasan peserta kurang termotivasi dalam belajar BIPA, salah satunya adalah suasana kelas yang membosankan. Salah satu yang dapat membangkitkan motivasi belajar peserta adalah dengan memberikan suatu hal yang luar biasa dan baru di dalam pembelajaran BIPA, terutama di antara peserta usia remaja dan dewasa awal. Oleh karena itu, pembelajaran BIPA memberikan atmosfer yang menyenangkan di dalam kelas. Pembelajaran BIPA tidak hanya menghibur dan menarik peserta, tetapi banyak manfaat dalam menggunakannya

References

Brown, D. (2007). Principless of learning teaching. New Jersey: Printice Hand Reagent.

Dardjowidojo, S. (2012). Pemahaman bahasa manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Gas, Susan M. (2002). Pedagogic Norms Second Foreign Language Learning and Teaching. Philadelpgia: John Benjamin Publisshing Company.

Martinis, Yamin. (2009). Pembelajaran Peningkatan Mutu Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Mulyasa. (2010). Metode Penelitian Pendidik Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Pustaka Belajar.

Puspita, Dewi, M. (2018). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Target bagi Penutur Asing. Artikel Bahasa Sastra Vol. 12 No. 1, Januari 2018; Seri A1-62-71

Downloads

Published

2021-11-23

Issue

Section

Articles