MEMBACA SASTRA YANG MEMERDEKAKAN JIWA: LAMBO DAN TOTTO-CHAN, GADIS CILIK DI JENDELA

Authors

  • I Wayan Artika Universitas Pendindikan Ganesha

Keywords:

pedagogi hitam, sastra, merdeka belajar, Lambo, Totto-chan

Abstract

Makalah ini membahas dua novel (Lambo dan Totto-chan, Gadis Cilik di Jendela) dengan menggunakan perspektif pedagogi hitam yang dikritik oleh Paulo Freire. Kedua novel membicarakan persoalan sekolah formal dengan praktik-praktik penindasan yang dijalankan guru. Pembahasan kedua novel juga dikaitkan dengan kebijakan Merdeka Belajar, yang sejalan dengan kritik dan penolakan  terhadap sekolah sistem bank yang ditolak oleh Paulo Freire di Brazil. Kajian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan data berupa konsep pedagogi hitam dan praktik-praktik penindasan sekolah yang merenggut kemerdekaan belajar siswa  yang diwakili oleh Lambo (siswa sekolah menengah di Yogyakarta, Indonesia dan Totto-chan, siswa SD di Jepang) dalam kedua novel. Hasil analisis menunjukkan novel-novel menolak praktik pedagogi hitam. Lambo benar-benar meninggalkan dunia pendidikan dan bertualang dalam kehidupan yang sejati. Totto-chan pindah sekolah dan menemukan sekolah yang mempraktikan Merdeka Belajar di Tomoe Gakuen yang dipimpin oleh kepala sekolah bernama Sosaku Kobayashi. Novel Totto-chan, Gadis Cilik di Jendela dapat dijadikan model pemerdekaan jiwa sekolah, guru, dan siswa karena sangat kaya dengan data pedagogis penyelenggaraan filosofi Merdeka Belajar. Lambo lebih sebagai kritik pedas dan penolakan terhadap sekolah yang mempraktikkan pedagogi penindasan.

References

Artika, I Wayan. 2020. “Merdeka Belajar, Pedagogi Pembebasan” dalam Bali Post, 18 Desember 2020.

Fikri S.M., Ach. 2012. “Pendidikan Ideal Menurut Paulo Freire” dalam Balairung Press.

Kuroyanagi, Tetsuko. 2008. Totto-chan, Gadis Cilik di Jendela. Jakarta: Gramedia.

Marewo, N. 1995. Yogyakarta: Bentang Budaya

Robikhah, Aridlah Sendy. 2018. “Paradigma Pendidikan Pembebasan Paulo Freire Dalam Konteks Pendidikan Agama Islam” dalam 1 IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, Volume 1 No. 01 2018, p. 1-16

Saputra, Andi. 2014. “Pendidikan yang Menindas (Tinjauan Kritis Terhadap Pendidikan di Indonesia)” dalam TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar . Volume 1 Nomor 2.

Topatimasang, Roem. 2007. Sekolah itu Candu. Yogyakarta : Insist Press.

Utomo, Satriono Priyo. 2020. “Langkah “Merah” Pemikiran Pendidikan Tan Malaka, 1919-1921” dalam Jurnal Sejarah Citra Lekha, Vol. 5 (2). P. 135-142.

Downloads

Published

2021-11-23

Issue

Section

Articles