PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK DITENGAH PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ni Wayan Ekayanti PSP Biologi FKIP Unmas Denpasar
  • Dewa Ayu Puspawati PSP Biologi FKIP Unmas Denpasar

Keywords:

Covid-19, peran orang tua, belajar jarak jauh

Abstract

Covid-19 memang sedang menjadi trending topik diseluruh dunia karena penyebaran dan reaksinya yang sangat cepat. Hal ini membuat banyak negara terdampak untuk segera mengambil keputusan cepat dan tepat untuk menanggulangi wabah ini. Indonesia adalah salah satu negara yang terdampak covid-19. Kebijakan pemerintah Indonesia untuk segera melakukan social dan physical distancing merupakan tindakan yang tepat dan sekaligus menghentikan roda perekonomian, pariwisata dan juga pendidikan. Akibat diberlakukannya hal tersebut, secara serentak seluruh sekolah dari Pendidikan usia dini sampai perguruan tinggi tidak diijinkan melaksanakan pembelajaran didalam kelas. Tentu saja hal ini merupakan suatu hal yang sangat baru dikalangan guru dan siswa. Pandemic yang terjadi memaksa agar semua komponen Pendidikan berpacu untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan internet. Hal ini agar Pendidikan bias tetap berjalan walaupun ditengah pandemic.kegiatan belajar mengajar yang seyogyanya berjalan disekolah kini dilakukan dirumah. Siswa kini harus mulai biasa belajar dari rumah, tentunya dengan ditemani oleh orang tua yang juga terimbas oleh covid-19. Banyak orang tua yang dirumahkan ataupun di-PHK dari tempat kerjanya. Kurangnya literasi teknologi membuat guru, siswa dan orang tua menjadi kesulitan dalam kegiatan belajar jarak jauh. Selain itu, tambahan biaya internet, sinyal yang tidak baik, ikut menambah kekurangan pembelajaran jarak jauh. Belum lagi kegiatan belajar dari rumah ini juga menambah pekerjaan orang tua khususnya ibu, karena orang tua juga membantu siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Selain itu, dampak pembelajaran daring juga menimbulkan efek psikosomatis, yakni ditunjukkan dengan perilaku anak yang cenderung lebih rewel karena sudah bosan saat belajar dari rumah. Rasa rindu untuk kesekolah, bertemu guru dan bermain dengan teman akan sangat berpengaruh terhadap mood anak. Disinilah peran seorang ibu sangat diperlukan, karena ibu mampu berperan sebagai sebagai guru di rumah, berperan sebagai sebagai fasilitator, berperan sebagai motivator, dan sebagai director. Dan keuntungan dari kegiatan pembelajaran dari rumah yaitu orang tua mampu memperhatikan tumbuh kembang anaknya dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2020-12-01