PENINGKATAN KOMPETENSI KADER TAMAN POSYANDU BERLATAR BELAKANG IBU RUMAH TANGGA

Authors

  • Setasih Setiasih Universitas Surabaya
  • Arief Budhyantoro Universitas Surabaya
  • Alita Endah S. Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Keywords:

kader Taman Posyandu, child development

Abstract

Taman Posyandu merupakan bentuk PAUD yang holistik integratif dan mendapat perhatian serius dari pemerintah. Kader taman Posyandu adalah ibu rumah tangga yang mempunyai kepedulian terhadap perkembangan anak dan secara sukarela memberikan layanan untuk ibu dan anak usia 0-3 tahun. Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi kader Taman Posyandu, menggunakan metode partisipatif, yaitu dengan cara memberikan penyuluhan tentang tumbuh kembang anak dan workshop tentang cara untuk memberikan stimulasi dan pembuatan rancangan pembelajaran untuk anak usia 0-3 tahun. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan ada peningkatan pemahaman kader tentang tumbuh kembang anak. Para kader mampu membuat alat permainan edukatif sebagai sarana stimulasi tumbuh kembang anak, membuat program pembelajaran untuk satu semester, rancangan kegiatan pembelajaran mingguan dan rancangan kegiatan harian. Kemampuan kader perlu senantiasa ditingkatkan dengan memberikan penyuluhan atau pelatihan secara berkala.Kegiatan ini dapat dilakukan melalui kerja sama dengan pendidikan tinggi atau kementrian pendidikan. Kemampuan kader Taman Posyandu meningkat setelah mengikuti pelatihan dan pendampingan dalam program pemberdayaan ini.

Taman Posyandu is a holistic integrative form of PAUD and get  a serious attention from the government. Kader Taman Posyandu actually a housewives which care about child development, and voluntarily gives services to a woman who has a child under three years old. Aim of this activiy are to increase the competency of kader Taman Posyandu, used a participative methods, by giving a knowledge about child development and workshop about teaching design for child under three years old. Result of this activity are increased of knowledge of kader Tamn Posyandu. They can make an educational instrument  that supported child’s development, also teaching of semester program, weekly teaching program and daily teaching program. Kader’s competency has to developed continously by giving a knowledge or training. This activity could be done by making a joined program with university or education ministry.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-23

How to Cite

Setiasih, S., Budhyantoro, A., & Endah S., A. (2018). PENINGKATAN KOMPETENSI KADER TAMAN POSYANDU BERLATAR BELAKANG IBU RUMAH TANGGA. Ngayah: Majalah Aplikasi IPTEKS, 9(1). Retrieved from http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/ngayah/article/view/11