PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KEWAJIBAN MORAL, TINGKAT PEMAHAMAN PERPAJAKAN, SANKSI PERPAJAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI

  • Putu Mita Ary Kusuma Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anik Yuesti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sudiartana Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: awareness of taxpayers, moral obligations, level of understanding of taxation, tax sanctions, quality of tax authorities, taxpayer compliance

Abstract

This study aims to determine effect awareness of taxpayers, moral obligations, level of understanding of taxation, tax sanctions and quality of tax authorities on compliance of individual taxpayers. Sampling using accidental sampling method and data collected by survey method through questionnaire. The research sample of 100 respondents analyzed by multiple linear regression analysis. The results showed awareness of taxpayers, moral obligations, level of understanding of taxation, tax sanctions and the quality of tax authorities had a positive effect on individual taxpayer compliance.

References

Agustiningsih, Wulandari. 2016. “Pengaruh Penerapan E-Filling, Tingkat Pemahaman Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Yogyakarta”. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Astina dan Setiawan. 2018. “Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan WPOP”. Audi Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Vol 23.1.

Cahyani, Noviari. 2019. “Pengaruh Tarif Pajak, Pemahaman Perpajakan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Pendapatan Kota Denpasar”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Mardiasmo. 2016.Perpajakan. Edisi Revisi. Yogyakarta:Andi Offset.Vol.26

Juliantara, I. G. R., dan Setiawan, P. E. 2017. “Kemudahan Pengisian Spt, Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wpop Di Kpp Pratama Denpasar Timur”. E- Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(3), 1734–1761.

Keputusan Menteri Keuangan No.544/KMK.04/2000 tentang Kriteria Wajib Pajak Patuh.

Kundalini. 2016. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Badan dan Pelayanan Pegawai Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabupaten Temanggung”. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Mardiasmo. 2017. Perpajakan (Edisi Terb). Yogyakarta: CV. Andi.

Sudiartana, M., & Mendra, N. P. Y. (2018). Taxpayer Compliance in SMEs Sector: A Theory of Planned Behavior. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 22(2).

Sugiyono. 2014 . Metode Penelitian kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung. CV Alfabeta.

Suriarimbawa dan Setiawan. 2018. “Sosialisasi Perpajakan Memoderasi Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan WPOP”. E-Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, Vol.25.3.

Susmita, Rara dan Ni Luh Supadmi. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Penerapan E-Filing pada Kepatuhan Wajib Pajak”. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14 (2), h:1239-1269.

Wiryadana dan Merkusiwati. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak, Biaya Kepatuhan Pajak dan E-Filling Pada Kepatuhan WPOP Non PNS”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol. 25.3.

Yulitasari dan Suprasto. 2017. “Pengaruh Tanggung Jawab Moral, Sanksi Perpajakan Dan Penerapan Sistem E-Filing Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 20.2.

Published
2019-11-06