PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, FINANCIAL DISTRESS DAN ASIMETRI INFORMASI TERHADAP MANAJEMEN LABA PERUSAAHAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017– 2020

Authors

  • Ni Putu Dewi Antari universitas mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Gde Novitasari universitas mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Putu Sandrya Dewi universitas mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Profitability, Leverage, Financial Distress, Information asymmetry, Earnings Management

Abstract

Earnings management is an act of managers who choose accounting policies to achieve
some specific objectives and the accounting policy in question is the use of accruals in preparing
financial statements. This study aims to determine the effect of profitability, leverage, financial
distress and information asymmetry on earnings management in banking companies listed on the
Indonesia Stock Exchange in 2017-2020. The population of this company is 46 banking companies
listed on the Indonesia Stock Exchange. The sample used is 10 companies with 40 data. This study
uses a purposive sampling technique to determine the sample, using multiple linear regression
analysis method. The results of this study indicate that the effect of profitability, leverage, financial
distress and information asymmetry has a positive effect on earnings management of banking
companies listed on the Indonesia Stock Exchange.

References

Adhima,Rifka Faridah. 2017. Pengaruh Financial Distress Terhadap Earnings Management Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015.Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung.

Aditya, Arys. 2018. Bukopin Revisi Laporan Keuangan,Begini Respons Ernst & Young. CNBC Indonesia.

Ariesanti, Dahniar Dwi. 2015. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governancedan Financial DistressTerhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2014). Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Agustia, D. 2013. Pengaruh Faktor Good Corporate Governance, Free Cash Flow, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 15, No.1, pp. 27-42.

Agustia, Yofi Prima. 2018. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2016). Jurnal Aset (Akuntansi Riset). Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom, Bandung.

Amperaningrum, Izzati dan Intan Komala Sari, 2013. Pengaruh Good Corporate Governance, Leverage, dan Kinerja Keuangan Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Riset Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma,Bandung.

Chritiano, Mario, Parengkuan Tommy, Ivonne Saerang. 2014. Analisis Terhadap Rasio – Rasio Keuangan Untuk Mengukur Profitabilitas Pada Bank – Bank Swasta Yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado.

Endang, R Anastasia Sisilwati dan Nanang Purwanto. 2016. Pengaruh Good Corporate Governance, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Perbankan Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi. Fakultas Ekonomika dan bisnis Universitas Kanjuruhan, Malang.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan penerbit Universitas Dipenogoro.

Guna, Welvin I dan Arleen Herawaty. 2010. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Independensi Auditor, Kualitas Audit, dan Faktor Lainnya Terhadap Manajemen Laba. Dalam Jurnal Bisnis dan Akuntansi Volume 12 No. 1 April 2010.

Gupta, Ayu Taradyan dan I Wayan Suartana. 2018. Pengaruh Financial Distress dan Kualitas Corporate Governance Pada Manajemen Laba. E- Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Bali

Harmaizar, Ir. Z.2006. Menggali Potensi Wirausaha. Bekasi : CV Dian Anugerah Prakas.

Hery. 2017. Teori Akuntansi, Pendekatan Konsep dan Aanalisa. Jakarta :PT Grasindo

Jogiyanto, H.M. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketujuh. BPFE. Yogyakarta.

Klein, A. 2002. Audit Committee, Board of Directors Characteristics an Earning Management. Journal of Accounting and Economics 33, Hal. 375 - 400

Kasmir, 2014. Analisis Laporan Keuangan, Edisi 1. Cetakan Ketujuh. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Kamil, Islamiah dan Meiliyah Ariyani. 2017. Manajemen Laba Ditinjau Dari Faktor Beban Pajak Tangguhan, Proftabilitas dan Leverage” Jurnal Online Insan Akuntan. Universitas Ekonomi Prof. DR Moestopo (Beragama) Jakarta.

Kurnia, D. 2019. Profitabilitas, kebijakan dividen dan harga saham terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi: Kajian Ilmiah Akuntansi, 6(2), 182-186.

Kustiyaningrum, Nuraina dan Wijaya. 2016. Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, dan Umur Obligasi Terhadap Peringkat Obligasi (Studi Pada Perusahaan Terbuka Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). ASSETS : Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, Vol. 5, No. 1.

Maulidah, Rodhiya dan Rahmat Agus Santoso. 2020. Pengaruh Kualitas Audit, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Perbankan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Gresik, Jawa Tengah.

Muliati, Ni Ketut. 2011. Pengaruh Asimetri Informasi Dan Ukuran Perusahaan Pada Praktik Manajemen Laba Di Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Udayana, Denpasar.

Nariastiti, Ni Wayan. 2014. Pengaruh Asimetri Informasi, Coporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Pada Manajemen Laba. E-Jurnal Akuntansi. Universitas Udayana Vol. 9 No. 3:717-727

Plat dan Plat, 2002. Predicting Financial Distress. Journal of Financial Service Profesionals, 56: 12 – 15

Pratiwi, Maulida Dwi. 2020. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Free Cash Flow, Dan Financial Distress Terhadap Manajemen Laba Perusahaan Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi. Ringkasan Skripsi. Program Studi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN, Yogyakarta.

Rahmawati, Suparno, Yacob., dan Qomariyah, Nurul. 2006. Pengaruh Asimetri Informasi Terhadap Praktik Manajemen Laba pada Perusahaan Perbankan Publik yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi IX.

Riadani, A.R dan Agus Wahyudin. 2015. Mekanisme Good Corporate Governace Terhadap Manajemen Laba dengan Financial Distress Sebagai Variabel Intervening. Accounting Analysis Journal. Vol 4 No.3. Universitas Negeri Semarang.

Scott, William R. 2009. Financial Accounting Theory. Fifth Edition. Pearson Prentice Hall: Toronto.

Veno, Andri dan Sasongko Noer, 2016. Pengaruh Asimtri Informasi Terhadap Manajemen Laba dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. Vol. 18 No. 1. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Indonesia.

Weston, J. Fred dan Copeland, Thomas E. 1997. Managerial Finance. 9thEdition. Volume 2. The Dryden Press. Orlando. Terjemahan J. Wasana dan Kibrandoko. 1999. Manajemen Keuangan. Binarupa Aksara. Jakarta.

Weston, Fred. J dan Thomas, E Copeland. 2010. Manajemen Keuangan. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Binarupa Aksara

Downloads

Published

2022-07-16