PERSEPSI KESESUAIAN MATERI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA STMIK STIKOM INDONESIA

Authors

  • Dana Paramitha STMIK STIKOM Indonesia
  • Utami Nilawati

DOI:

https://doi.org/10.36733/juima.v11i2.4646

Keywords:

persepsi, kewirausahaan, materi pengetahuan, minat berwirausaha

Abstract

STMIK STIKOM Indonesia sebagai salah satu institusi pendidikan perguruan tinggi yang berbasis teknologi informasi menyelenggarakan perkuliahan kewirausahaan bagi mahasiswanya untuk menginspirasi dan memotivasi berwirausaha. Mata kuliah ini wajib diikuti oleh mahasiswa yang sudah menginjak semester tujuh. Dari wawancara awal dengan beberapa mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan kewirausahaan tentang materi yang diberikan di kelas terungkap bahwa perlu kiranya diberikan tambahan waktu serta materi yang relevan untuk pelaksanaan konsep serta praktek wirausaha di kampus. Terkait hal itu maka peneliti mencoba menelaah lebih lanjut melalui penelitian ini untuk menggali lebih dalam tentang persepsi mahasiswa tentang materi perkuliahan kewirausahaan yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah selama ini yang nantinya sebagai bahan evaluasi rencana pembelajaran semester selanjutya, Serta mencoba mengetahui sejauh mana efektifitas penyelenggaraan pendidikan kewirausahaan di kampus STMIK STIKOM Indonesia serta dampaknya terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha baik selama menjadi mahasiswa maupun setelah tamat nantinya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhitama, Paulus Patria. 2014. Faktor -Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNDIP, Semarang).Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Diponogoro, Semarang. Alma, Buchari. 10 Kewirausahaan (edisi revisi), Bandung: Alfabeta. Ardiyani Ni Putu Pebi . 2016 .E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.8, 2016:5155-5183ISSN : 2302-89125155 Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha

Azwar, B. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Studi Terhadap Mahasiswa Universitas Islam Negeri SUSKA Riau. Jurnal Menara, 12(1), 12–22. Badan Pusat Statistik . 2019

Helmi, A. F. (2016). Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Dalam Perspektif Psikologi. Buletin Psikologi, 17(2), 57–65. https://doi.org/10.22146/bpsi.11484

Helmi & Megasari, (2006). Modul Kuliah:Sejarah dan Pengertian. Kewirausahaan dan Inovasi. www.i‐elisa.ugm.ac.id.Diakses tanggal 10 Juni 2009.

Hisrich, R. D., Michael P. P., dan Dean A. S. (2005). Entrepreneurship 6th. Ed. NewYork : McGraw‐Hill

Downloads

Published

2021-09-30