PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA

  • I Putu Agus Rizaldi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yuria Mendra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Gde Novitasari Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Corporate Social Responsibility, Profitability, Capital Structure, Company Value

Abstract

The value of the company is the investor’s perception of the level of success of the compa­ny which is often associated with stock prices. The value of the company can provide maximum prosperity for shareholders if the company’s stock price increases. The higher the stock price, the higher the prosperity of shareholders. The purpose of this study is to analyze the influence of Corporate Social Responsibility, profitability, and capital structure on the value of the company.

This research was conducted on companies in the consumer goods industry sector listed on the Indonesia Stock Exchange in 2015-2017. Samples were obtained by purposive sampling method. Based on these methods obtained as many as 22 companies as samples. Data analy­sis techniques used were descriptive statistics, classic assumption tests, multiple linear analy­sis, and goodness of fit of a model.

The results showed that Corporate Social Responsibility, profitability, and capital struc­ture had a positive effect on firm value.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung. 2016. Pengaruh Profitabilitas Dan Zise Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Manajemen Unud Vol. 5 No. 1

Agustina. 2013. Pengaruh Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate social responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Negeri Padang. Sumatra

Anggraini. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam

Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang terdaftar Bursa Efek Jakarta). Simpo¬sium Nasional Akuntansi 9,Padang.

Ardianti, Fajriana. 2016. Pengaruh Corpo¬rate Social Responsibility, Keputusan Investasi dan Struktur Modal Terha¬dap Nilai Perusahaan Dengan Kepemi¬likan Manajerial Sebagai Variabel Pe¬moderasi. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Arindita. 2015. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Kebijakan Deviden Dan Size Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang

Arjuno, Y.D. 2017. Pengaruh Corporate Governance Dan Pengungkapan CSR ( Corporate social responsibility) Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang

Brigham, E. F. and Ehrhardt, M.C. 2008. Financial Management. (tenth Edition). Harcourt College Publishers. Orlando.

Brigham, Eugene F. and Houston, Joel F. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Budi, Eka S., dan Rachmawati Eka N. 2014. Analisis Pengaruh Return On Equity, Debt to Equity Ratio, Growth, dan Firm Size Terhadap Price to Book Value pada Perusahaan Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 22(1):1-60.

Deegan, C. 2004. Financial Accounting Theory. McGraw Hill - Book Company, Sidney.

Dewi M. S., Ayu dan Wirajaya, A. 2013. Pengaruh Struktur Modal , Profotabilitas dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. l2 (1).

Dianawati. 2016. Pengaruh Corporate social responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan: Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Surabaya

Fajriana, A. 2016. Pengaruh Corporate social responsibility (CSR), Keputusan Investasi, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Felicia Lindrawati dan Budianto. (2008). Pengaruh Corporate social responsibility Terhadap Kinerja Keuang Perushaan yang terdaftar sebagai 100 best corporate citizens oleh KLD Research and analytics. Majalah Ekonomi. Tahun XVIII, No. 1 April : 66-83.

Funawati, R dan Kurnia. 2017. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate social responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol 6. No. 11 ISSN : 2460-0585

Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Cetakan VII

Gunawan, B. dan S. S Utami, 2008, Peranan Corporate social responsibility dalam Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume 7, Nomor 2:174- 185.

Hadi, N.. (2011). Corporate Social Responsibility (CSR). Edisi 1. Jakarta: Graha Ilmu.

Hamidah, Hartini, dan Umi Mardiyanti. 2015. Pengaruh Inflasi, Suku Bunga BI, Profitabilitas, dan Risiko Finansial Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Properti Tahun 2011-2013. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1):395-416.

Hamidy, Rusdi. 2014. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Tesis. Universitas Udayana.

Harahap,S. S. 2009. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Harjoto, M. Alex, dan H. Jo. 2007. Corporate Governance and Firm Value: The Impact of CSR, Social Science Research Network. Journal of Business Ethics 103(3): 351-383

Haruman, Tendi. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Keputusan Keuangan dan Nilai Perusahaan. Pontianak: Simposium Nasional.

Husnan, S. 2009. Manajemen Keuangan. Edisi keempat. Buku Satu. BPFE. Yogyakarta.

Irma, Ni Kadek. 2014. Pengaruh Kinerja Pada Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibilty Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Journal Universitas Udayana. Vol. 7, No. 3, 2014.

Ju Chen, Li and Yu Chen, Shun. 2011. The influence of profitability on firm value with capital structure as the mediator and firm Size and industry

as moderator. Investment Management and Financial Innovations. Vol. 8, Issue 3.

Kaur, Bhupinder. 2015. Impact of Corporate social responsibility on the Performance of the Companies. Journal for Studies in Management and Planning, 1(2), March 2015.

Keown, Arthur J. 1996. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Klimenok, Alekandr. 2014. The Influence of Capital Structure on The Value of The Firm. A Study of European Firms. Finance and Capital Budgeting University of Nordland.

Kurniawan, Reno. 2008. Analisis Good Corporate Governance, Kualitas Laba, dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ. Skripsi S1 Akuntansi UNDIP.

Kusumadilaga, Rimba. 2010. Pengaruh Corporate social responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Lastiari, Kadek Dewi. 2016. Pengaruh Corporate Governance dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas Mahasaraswati. Denpasar

Margetha, Farah. 2011. Manajemen Keuangan Untuk Manajer Nonkeuangan. Penerbit Erlangga.

Meidawati, K.,dan Midawati, Titik. 2016. Pengaruh Size, Growth, Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5(2):1-16.

Nugroho, Febry Setyo. 2013. Pengaruh Good Corporate Governance, Return On Asset dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011. Skripsi. Universitas Megeri Yogyakarta

Nurfina. 2016. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Kebijakan Deviden, Profitabilitas, Struktur Modal, Dan Ukuran Perusahan Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang

Nurlela dan Islahudin. 2008. Pengaruh Corporate social responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak

Permanasari, W.I 2010. Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institsional dan Corporate Social Responbility terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas Diponogoro. Semarang.

Pratama, I Gusti Bagus A., dan Wiksuana, I Gusti B. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabl Mediasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(2):1338-1367.

Retno, D.R dan D. Priantinah. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate social responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Periode 2007-2010). Jurnal Nominal 1(1).

Riyanto, B. 2011. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPFE. Yogyakarta.

Rizky, Suhadak., et al. 2016. Pengaruh Pengungkapan Corporate social responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 31 No. 1

Rustiarini, N. W. 2010. Pengaruh Corporate Governance pada Hubungan Corporate social responsibility dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto.

Safitri, D. A. 2015. Dampak Pengungkpan Sustainbility Report Terhadap Kinerja Keuangan Dan Pasar. Skripsi. STIESIA. Surabaya.

Sasmika, Putri. 2015. Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Mekanisme Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Denpasar

Septia, A. W. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Shintawati, Vidya Ria. 2011. Pengaruh Board Diversity, Investment Opportunity Set (IOS), dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Su’aidah, Sitta. 2010. Pengaruh ROA Dan ROE Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate social responsibility dan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Suartawan, Putu Adi. 2015. Pengaruh Investment Opportunity Set dan Free Cash Flow pada Kebijakan Dividen serta Implikasinya. Skripsi. Universitas Udayana. Denpasar

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan kombinasi (Mixed Methods)

Suharto, E.. (2010). CSR and Comdev: Investasi Kreatif Perusahaan di Era Globalisasi. Bandung: Alfabeta.

Suparmiati. 2012. Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas, Rasio Pasar, Dan Mekanisme Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Mahasaraswati.

Susanto, C.M. Dan L. Ardini. 2016. Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol 5. No. 7 ISSN : 2460-0585

Sutopoyudo. 2009. Pengaruh Penerapan Corporate social responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas Perusahaan. Sutopoyudo’s Weblog at http://www.wordpress.com. Diakses tanggal 30 Oktober 2009

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 Perseroan Terbatas. Jakarta.

Wahyudi, Asto. 2012. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011). Artikel. Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Wiagustini, Ni Luh Putu. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Denpasar: Udayana University Press.

Wijayanti, T., Sutaryo., dan P. Agung. 2011. Pengaruh Corporate social responsibility terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIV. Aceh. 20-23 Juli 2011. 1-22.

William G. Nickels; James M. Mchugh; Susan M. Mc Hugh. 2009. Pengantar Bisnis Edisi ke 8, buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Windasari, O. Dan I. B. Riharjo. 2017. Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas Dan Corporate social responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol. 6 No. 10 ISSN : 2460- 0585

Yuliana, dkk. 2013. Pengaruh Struktur Modal Dan Return On Equity (ROE) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Pertanian Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi.

Yuniarti, Eti. 2007. Analisis Pengungkapan Informasi Tanggung Jawab Sosial pada Sektor Perbankan di Indonesia. Tesis. Program Studi Magister Sains Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Yunitha. 2013, Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Udayana.

Published
2019-09-30