KAJIAN SISTEMATIS TENTANG KECENDERUNGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • Anak Agung Ayu Diah Kusumadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Sang Putu Kaler Surata Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Ayu Sri Ratnani Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v12i1.3744

Keywords:

Jelajah Alam Sekitar (JAS), Pembelajaran Biologi, Kajian Literatur Sistematis, Kecenderungan Penelitian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kecenderungan penelitian yang digunakan dalam pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah Systematic Literature Review. Penelitian ini berlangsung di platform digital dengan menggunakan search engine Google di dua situs yaitu Directory of Open Access Journal/DOAJ (https://doaj.org/) dan Garba Rujukan Digital/Garuda (http://garuda.ristekbrin.go.id/). Data dianalisis secara sequential explanatory dengan cara menganalisis data secara kuantitatif diikuti dengan analisis kualitatif, dengan cara menarasikan kecenderungan tujuan, metode (desain, teknik sampling, instrumen, analisis data) dan hasil penelitian. Hasil pencarian dan seleksi artikel pustaka menemukan bahwa hanya tujuh artikel yang dapat melewati tahapan penilaian kualitas. Dari ketujuh artikel pustaka tersebut, kecenderungan penelitian yang dapat ditemukan yaitu pada tujuan penelitian, artikel pustaka cenderung mengukur hasil belajar siswa (44%) sebagai tujuan yang akan diteliti. Desain penelitian yang cenderung digunakan pada artikel pustaka yaitu quasi-experimental (50%) dengan bentuk pretest-posttest design. Teknik sampling yang cenderung digunakan pada artikel pustaka yaitu purposive sampling sebanyak empat artikel pustaka. Untuk mengukur hasil belajar siswa, instrumen yang digunakan yaitu tes dalam bentuk objektif ataupun uraian sebanyak 5 artikel pustaka (42%). Analisis data yang cenderung digunakan yaitu Uji N gain sebanyak dua artikel pustaka. Serta seluruh artikel pustaka menyatakan bahwa hasil penelitian berpengaruh signifikan terhadap tujuan dari penelitian tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kitchenham, B. and Charters, S. (2007) Guidelines for Performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering, Technical Report EBSE 2007-001, Keele University and Durham University Joint Report.

Siwi, D. A., Sari, N. K., & Prasetya, K. (2016). Desain Model Praktikum IPA Berbasis JAS (Jelajah Alam Sekitar) di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bendosari. Premiere Educandum, 6, 180–188.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Wahono, R. S. (2007). A Systematic Literature Review of Software Defect Prediction: Research Trends, Datasets, Methods and Frameworks. Journal of Software Engineering, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.3923/jse.2007.1.12

Downloads

Published

2022-03-31