PENERAPAN LESSON STUDY BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Desak Nyoman Budiningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v12i1.3579

Keywords:

Lesson Study, PBL, Keaktifan Belajar Mahasiswa

Abstract

Pada perkuliahan Keanekaragaman Hewan I ditemukan permasalahan keaktifan belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Mahasaraswati Denpasar. Keadaan ini dapat memengaruhi pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran, terutama sulitnya mengerjakan tugas dan menyelesaikan soal-soal ujian semester. Pelaksanaan lesson study bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa. Rancangan penelitian ini adalah lesson study berbasis Problem-based Learning (PBL). Subjek penelitian yaitu mahasiswa semester III yang berjumlah 21 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dengan menggunakan rubrik keaktifan belajar.  Analisis data terhadap hasil observasi dilakukan dengan menggunakan analisis isi pada kegiatan Plan, Do, dan See yang berlangsung dalam tiga siklus. Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar mahasiswa digunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase keaktifan belajar mahasiswa selama pembelajaran berlangsung. Hasil lesson study menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar mahasiswa dari siklus I sampai siklus III. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan lesson study berbasis PBL dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa dan dapat menjadi sarana penerapan pembelajaran kreatif dan inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rusman, 2011. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Rajawali Pers.

Riyanto, Y. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Pengembang PPL UM Malang. 2011. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Lesson Study Universitas Negeri Malang. Unit Pelaksana Teknis Praktik Pengalaman Lapangan (UPT-PPL): UM Malang.

Downloads

Published

2022-03-31