PENGGUNAAN MOODLE BERMEDIA CROSSWORD PUZZEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 2 KUTA

  • Putri Ni Ketut Dharmawati Geria SMP Negeri 2 Kuta
Keywords: Hasil belajar siswa, Moodle, Crossword Puzzle

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kuta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 32 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data diperoleh melalui tes hasil belajar dan nilai crossword puzzle, yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan, penggunaan aplikasi Moodle bermedia crossword puzzle dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 2 Kuta pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar IPA pada pra siklus sebesar 62,5 dengan ketuntasan klasikal 65%. Pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 72 dengan ketuntasan 69%, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 78 dengan ketuntasan 91%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamalik, O. (2011). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Hamalik, O. (2011). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara.
Mulyasa, E. M. (2011). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya.
Belina, E. & Batubara, F. R. (2013). Perancangan dan Implementasi Aplikasi E-Learning Versi Mobile Berbasis Android. Jurnal Singuda Ensikom, 4(3), 76–81.
Rahmah, L. A., & Dewi, R. M. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kompetensi Dasar Konsep dan Pengelolaan Koperasi Kelas X IIS 2 Di SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. Jurnal Pendidikan Ekonomo, 4(3), 1–10.
Samatowa, U. (2011). Pembelajaran-IPA-di-Sekolah-Dasar.pdf. Permata Puri Media.
Sardiman, A. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.
Surjono, H. D. (2009). Elektronika Lanjut. Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Zaini, H., Berwamy, M. & Aryani, S. A. (2019). Strategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madani.
Zaini, H. (2008). Srategi Pembelajaran Aktif. Insan Mandiri
Published
2021-07-31