ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA PADA RUANG PUBLIK DI GIANYAR

  • Erawan Dewa Gede Bambang Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: kesalahan, Bahasa, Indonesia, Ruang Publik

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif digunakan karena data yang diperoleh tidak dapat dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka statistik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia pada ruang publik di Gianyar. Data dalam penelitian ini berupa uraian, kalimat, atau wacana dan gambar yang diperoleh langsung oleh peneliti di lapangan.  Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. langkah-langkah yang dilalui dalam analisis data adalah sebagai berikut: (1) mengumpulkan seluruh foto/gambar yang terdapat di ruang publik yang mengandung kesalahan dalam berbahasa Indonesia, (2) membaca secara cermat seluruh sumber data, (3) menandai dan memberikan kode klasifikasi pada data, (4) mengklasifikasi data berdasarkan bentuk kesalahan penggunaan bahasa, (5) menyajikan dan mendeskripsikan data berdasarkan bentuk kesalahan penggunaan bahasa.  Hasil penelitian yang diperoleh terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia pada ruang publik di Gianyar meliputi kesalahan yang berkaitan dengan penggunaan afiks, kata serapan, pemilihan diksi, konjungsi, tanda baca, serta kalimat efektif. Secara umum kesalahan berbahasa Indonesia pada ruang publik di Gianyar terdapat pada poster atau papan nama lembaga, toko, spanduk, tempat makan, dan lain-lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaer, A. (2006). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. PT Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Obor Indonesia.
Hantono, D., & Ariantantrie, N. (2018). Kajian Ruang Publik dan Isu yang Berkembang Di Dalamnya. Jurnal Arsitektur, Bangunan, & Lingkungan, 8(1), 43–48.
Johan, G. M. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1), 136–149.
Johan, G. M., & Simatupang, Y. J. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Secara Sintaksis dalam Proses Diskusi Siswa Kelas IV SDN Miri. Jurnal Visipena, 8(2), 241–253.
Published
2021-07-31