KAJIAN MENGENAI KEMAMPUAN ANALISIS SISWA DITINJAU DARI NEW TAXONOMY MARZANO SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN

  • Wulandari I Gusti Ayu Putu Arya Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Berfikir analisis, New taxonomy Marzano, Kemampuan analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literatur mengenai kemampuan analisis yang ditinjau dari new taxonomy Marzano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur yang dilakukan dengan pengumpulan data melalui penelusuran terhadap catatan-catatan, literatur, buku, dan temuan beberapa studi yang menunjukkan bahwa kemampuan analisis dapat membantu mengembangkan komponen kunci dalam proses pembelajaran yang bermanfaat bagi semua siswa. Hasil kajian ini menjelaskan tentang kemampuan analisis yang merupakan salah satu komponen dari sistem kognitif dan langkah-langkah yang terlibat di dalamnya berdasarkan taksonomi baru Marzano. Kajian ini juga menyediakan beberapa indikator kemampuan analisis yang dapat digunakan agar dapat lebih mudah digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amer, A. (2005). Pathways to Higher Edication. In Pathways to Higher Edication. Center for Advancement of Postgraduate Studies and Research in Engineering Sciences. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=VPgRk8gpc_oC&oi=fnd&pg=PA1&dq=info:BoA6F0GupZ4J:scholar.google.com&ots=D8-LjlFLXy&sig=IsVDgOxjMk96zdbB5IfDPdmlNNU&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Bloom, B. S. (1981). All our Children Learning: A Primer for Parents, Teachers, and Other Educators (New York). McGraw-Hill.
Eggen, P. & Kauchak, D. (2012). Strategies and Models for Teachers: Teaching Content and Thinking Skills, 6th Edition (6th ed.). Pearson Education.
Karadag, Z. (2010). Analyzing Students’ Mathematical Thinking in Technology-supported Environments [University of Toronto]. https://tspace.library.utoronto.ca/handle/1807/19128
Kendall, J. S., & Weeks, S. (2008). Thinking & Learning Skills : What Do We Expect of Students ? https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED544689.pdf
Khammanee T. (2010). Principles of Instruction: Knowledge for Effective Knowledge Management (13th ed.). Daansudha Publishing.
Kunpol, S. (2015). The Development of Analytical Skills in Mathematics of Grade 6 Students. RJES, 2(2), 41–55. http://rjes.rsu.ac.th/Article/Article_Article_RJES_V2N2_41-55.pdf
Marzano, R. J. & Kendall, J. S. (2007). The New Taxonomy of Educational Objectives (2nd ed.). Corwin Press. https://www.ifeet.org/files/The-New-taxonomy-of-Educational-Objectives.pdf
Marzano, R. J. (2001). Designing a New Taxonomy of Educational Objectives (Experts In Assessment Series). Sage Publications.
NCTM. (2000). Teacher Professional Development and Classroom Resaurces Across the Curriculum. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Susoarat, P. (2010). The Development of Thinking. 4th Edition (revised version). Technique Printing Publishing Company Ltd.
Published
2021-07-31