MENGAJAR IPA BAGI PESERTA DIDIK MUDA (YOUNG LEARNER): DARI PERSPEKTIF WEDA DAN BUDAYA

  • Gusti Ayu Dewi Setiawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Mengajar, IPA, young learner, weda, IPA

Abstract

Guru berperan mendidik dan mengajar generasi penerus bangsa. Meskipun menjalani profesi guru memiliki tantangan, namun tidak sedikit yang berharap untuk menjadi guru. Dengan rendahnya peringkat yang diperoleh Indonesia dalam Trends of International Mathematic Science Survey (TIMSS) membuat guru yang mengajar IPA pada peserta didik muda (young learner) hendaknya meningkatkan kualitasnya. Maka dibutuhkan pemahaman tentang mengajar IPA bagi peserta didik muda dari perspektif Weda dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana mengajar IPA untuk peserta didik muda yang dikaji dari perspektif Weda dan budaya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data berupa dokumentasi jurnal dan buku, serta analisis data dengan menempuh tahapan, antara lain; reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan simpulan. Berdasarkan pengkajian maka, mengajar IPA bagi peserta didik muda dari perspektif Weda dan budaya yaitu mengajar IPA dengan memperhatikan hal-hal berikut; tahap perkembangan kognitif peserta didik muda dari sisi ilmiah serta Weda, ajaran Tri Kaya Parisudha, dan materi IPA terintegrasi dengan ajaran Weda dan budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Student Assessment ) pada Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 697–703.
Suastra, I. W. (2009). Pembelajaran Sains Terkini (Mendekatkan Siswa dengan Lingkungan Alamiah dan Sosial Budayanya) (1st ed.). Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2013). Pendidikan Sains Berlandaskan Budaya Lokal Tri Kaya Parisudha. Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika “Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal,” 15–28. https://media.neliti.com/media/publications/173528-ID-pendidikan-sains-berlandaskan-budaya-lok.pdf
Suhardi, U. (2014). Pendidikan Agama Hindu. Universitas Terbuka.
Sukadi. (2017). Pengetahuan Menurut Hindu dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Manusia Seutuhnya. Purwadita, 1(1), 19–26.
Published
2021-07-31