PENGGUNAAN STRATEGI PENEMUAN TERBIMBING (MODEL DISCOVERY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA BALI

Authors

  • I Gede Kinten SMP Negeri 1 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v10i2.1089

Keywords:

Strategi Penemuan Terbimbing (Model Discovery), Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Balisiswa kelas VII A semester I tahun pelajaran 2019/2020SMP Negeri 1 Denpasardengan jumlah subjek 44orang.Hasil belajar Bahasa Balisecara umum masih belum mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah ini.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanana tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali tatap muka untuk setiap siklus. Data hasil belajar Bahasa Balisiswa dikumpulkan dengan mengunakan tes hasil belajar Bahasa Balisesudah diberikan pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar Bahasa Bali setelah penggunaan Strategi Penemuan Terbimbing (Model Discovery). Pada kegiatan awal nilai rata-rata baru mencapai 70,32 dengan ketuntasan belajar 31,82%. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 78,80dengan ketuntasan belajar sebesar   79,55%. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 83,30dengan ketuntasan belajar sebesar 97,73%. Jadi dari siklus ke siklus pembelajaran mengalami peningkatan sesuai dengan target pencapaian kurikulum yaitu ketuntasan belajar secara klasikal 85,00% dengan nilai minimal sebesar 78,00. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengggunaan Str

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads