MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA

Authors

  • Ni Ketut Sukerni SMP Negeri 3 Banjarangkan

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v10i2.1086

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan cara menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Snowball Thowing dalam proses pembelajaran. Subjek  penelitianny aadalah kelas VII B SMP Negeri 3 Banjarangkan tahun pelajaran 2018/2019. Data yang dikumpulkana dalah data kuantitatif berupa hasil belajar  yang dikumpulkan menggunakan instrumentes. Hasil yang diperoleh di analisis dengan analisis deskriptif. Setelah berakhir melakukan analisis data diketahui bahwa peningkatan prestasi belajar sudah dapat diupayakan. Hal tersebut terbukti dari kenaikan nilai siswa dari rata-rata awal 60,33 dengan ketuntasan belajar 30% pada siklus I meningkat menjadi 69,87 dengan ketuntasan belajar 0% dan pada siklus II sudah meningkat menjadi 82,10 dengan ketuntasan belajar100%. Data tersebut menuntut peneliti untuk membuat simpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Snowball Thowing mampu meningkatkan prestasi belajar IPA siswa di kelasVII Bsemester I tahun pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 3 Banjarangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-28