OPTIMALISASI PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING DENGAN MEDIA LKS

Authors

  • Ketut Karpini SMP Negeri 3 Banjarangkan

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v10i2.1084

Keywords:

prestasi belajar, model pembelajaran Mastery Learning, media LKS

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Mastery Learning dengan media LKS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII C pada semester I tahun pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 3 Banjarangkan. Penelitian yang dilakukan sesuai tujuan di atas menggunakan tes prestasi belajar sebagai metode pengumpulan datanya dan menggunakan analisis deskriptif untuk menganalisis data hasil penelitian. Setelah dilakukan analisis diperoleh peningkatan hasil dari data awal yang rata-ratanya 64,77 dengan ketentuan belajar 45,45% meningkat pada siklus I menjadi 69,91 rata-ratanya dengan ketuntasan belajar 68,18% dan pada siklus II meningkat lagi rata-rata kelasnya menjadi 81,36 dengan ketuntasan belajar 95,45%. Hasil tersebut telah membuktikan keberhasilan penelitian yang dilakukan sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mastery Learning dengan media LKS mampu meningkatkan prestasi belajar siwa. Hasil itu telah membuktikan bahwa hipotesis yang disampaikan dapat diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-28