OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUALTEACHING AND LEARNING DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYASISWA

Authors

  • Ni Gede Anom Aryantari SMP Negeri 3 Banjarangkan

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v10i2.1083

Abstract

Penyampaian mata pelajaran Seni Budaya selama ini disampaikan secara abstrak sehingga siswa belum dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan baik. Hal itu telah menyebabkan rendahnya prestasi belajar yang diperoleh siswa. Penerapan cara belajar aktif melalui model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan Metode Demonstrasi diupayakan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas VIII A SMP Negeri 3 Banjarangkansemester I tahunpelajaran 2019/2020 yang dijadikan sebagai lokasi penelitian. Tujuannya, agar prestasi belajar yang dicapai siswa dapat ditingkatkan sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Belajar yang diharapkan. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan dilakukan tes prestasi belajar yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil yang diperoleh pada  data awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan prestasi ketuntasan belajar mencapai 36,67%, siklus I meningkat menjadi 73,33% siklus II meningkat menjadi 96,67%. Hal itu membuktikan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan Metode Demonstrasi yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran telah mampu meningkatkan prestasi belajar Seni Budaya siswa dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-28