Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS) https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas <p>Jurnal Ilmiah Teknik UNMAS merupakan media sekaligus sebagai wahana untuk memotivasi mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian/skripsi mahasiswa Program Studi Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan.</p> en-US [email protected] (Anak Agung Ratu Ritaka Wangsa) Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0800 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Metode Fast Track Untuk Mempersingkat Waktu Pelaksanaan Proyek Pematangan Lahan Tahap II Pusat Kebudayaan Bali https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7728 <p>Keterlambatan suatu proyek umumnya dapat menimbulkan kerugian pada pemilik proyek dan kontraktor. Ada beberapa alternatif yang digunakan untuk mengantisipasi keterlambatan yaitu dengan menambah tenaga kerja, menambah jam kerja dan menambah alat. Sedangkan metode yang digunakan untuk mempercepat pelaksanaan proyek yaitu dengan menggunakan metode <em>time cost trade off analysis, metode</em> <em>crashing</em>, metode <em>least cost analysis</em> dan metode <em>fast track</em>. Dari hasil laporan kemajuan <em>progress</em> pekerjaan pada Proyek Pematangan Lahan Tahap II Pusat Kebudayaan Bali, <em>progres</em>s realisasi lebih kecil dari <em>progress</em> rencana. Pada minggu ke-16 nilai rencana yaitu sebesar 65,43 % dan realisasi sebesar 62,20 % maka terdapat deviasi sebesar 3,23 %. &nbsp;Dari permasalahan yang terjadi maka akan dilakukan Analisis Metode <em>Fast Track</em> Untuk Mempersingkat Waktu Pelaksanaan Proyek Pematangan Lahan Tahap II Pusat Kebudyaaan Bali. Pada penelitian ini ada beberapa data yang digunakan diantaranya <em>time schedule rencana</em>, <em>time schedule realisasi</em>, kelender proyek dan laporan mingguan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang merupakan kegiatan kritis dan waktu pelaksanaan setelah dilakukan percepatan dengan menggunakan metode <em>fast track</em>. Analisis <em>fast track</em> pada penelitian ini dilakukan sebanyak 4 tahap untuk mencari waktu yang paling optimal dan tidak bisa dilakukan percepatan karena tidak memenuhi persyaratan <em>fast track</em> untuk dilakukan percepatan lagi. Hasil dari 4 tahap analisis <em>fast track </em>ini terdapat 33 kegiatan yang merupakan kegiatan kritis dan waktu percepatan yaitu selama 10 hari dari durasi awal 199 hari menjadi 189 hari.</p> Ni Kadek Lina Antari, I Gede Ngurah Sunatha, I Putu Agus Putra Wirawan Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS) https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7728 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0800 Analisis Komparatif Biaya dan Waktu Percepatan Peningkatan Jam Kerja dengan Penambahan Tenaga Kerja https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7729 <p>Pada Pembangunan Villa Mr. Michael Anthony Mc Dermott diketahui terjadi keterlambatan pelaksanaan pekerjaan. Untuk mengantisipasi keterlambatan penyelesaian Pembangunan Villa Mr. Michael Anthony Mc Dermott dari <em>time schedule</em> rencana maka dilakukan percepatan durasi pekerjaan. Metode percepatan yang digunakan yaitu dengan cara metode percepatan peningkatan jam kerja dan metode percepatan penambahan tenaga kerja. Pada analisis percepatan durasi proyek akan dilakukan perbandingan metode percepatan guna mengetahui pengaruh terhadap biaya dan waktu antara penambahan tenaga kerja dengan penambahan jam kerja berbasis Microsoft Project. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rencana anggaran biaya, time schedule, dan kalender kerja. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui kegiatan yang dapat dipercepat, biaya dan waktu percepatan bila dilakukan peningkatan jam kerja, serta biaya dan waktu percepatan bila dilakukan penambahan tenaga kerja. Dari hasil analisis yang dilakukan terdapat sebanyak 14 item pekerjaan yang dapat dipercepat. Biaya percepatan dengan metode peningkatan jam kerja senilai Rp 17.137.600 dan waktu percepatan adalah 1,28 hari. Biaya percepatan dengan metode penambahan tenaga kerja senilai Rp 15.608.143 dan waktu percepatan adalah 56,18 hari.</p> Putu Risna Pastawan, I Gede Ngurah Sunatha, Tjokorda Istri Praganingrum, Ni Luh Made Ayu Mirayani Pradnyadari Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS) https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7729 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0800 Analisis Perbandingan Waktu Rencana Pelaksanaan Proyek Metode Konvensional dengan Metode CPM Berbasis Ms. Project https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7730 <p>Penjadwalan pada proyek Pembangunan Gedung KIA RSUP Prof. I.G.N.G Ngoerah menggunakan metode kurva S, dimana metode konvensional tersebut tidak bisa menunjukan kegiatan apa saja yang merupakan kegiatan kritis. Sehingga, dilakukan analisis memakai metode CPM (<em>Critical Path Method</em>) pada mengklasifikasikan apa saja yang merupakan kegiatan kritis dan tidak kritis. Kegiatan kritis merupakan kegiatan yang pelaksanaannya tidak dapat ditunda, sebab jika ditunda maka dapat memperbesar total waktu penyelesaian proyek konstruksi. Pada analisis ini penulis menggunakan <em>software</em> <em>Ms. Project</em> yang dipakai untuk membuat penjadwalan proyek, dan output pemasukan data dari perangkat lunak ini ditampilkan sebagai <em>gantt chart</em>. Metode analisis deskriptif kuantitatif dipakai dalam penelitian ini. Pendekatan ini dimulai dengan pengumpulan data, penafsiran data, serta penampilan dan hasil, dengan tujuan memberikan gambaran atau gambaran obyektif tentang suatu keadaan dengan menggunakan angka-angka. Kegiatan kritis yang didapat pada analisis dengan metode CPM (<em>Critical Path Method</em>) hanya pada 1 kegiatan yaitu pada pekerjaan <em>door and window</em> di lantai 1. Waktu pengerjaan proyek memakai metode CPM (<em>Critical Path Method</em>) adalah 245 hari kerja sedangkan dengan metode konvensional waktu pelaksanaan 231 hari kerja. Sehingga terdapat selisih waktu selisih waktu selama 14 hari kerja.</p> Ni Putu Kumala Dewi, I Gede Ngurah Sunatha, I Gede Angga Diputera, I Putu Yana Hermawan Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS) https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7730 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0800 Identifikasi dan Analisis Risiko Proyek Pembangunan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7731 <p>Dalam rangka pembangunan gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RSUP Prof. Dr.I.G.N.G. Ngoerah Denpasar tentunya menimbulkan berbagai risiko yang mungkin timbul dalam pelaksanaannya. Untuk mengetahui risiko risiko apa saja yang mungkin terjadi saat pelaksanaan pembangunan proyek konstruksi tersebut dilakukanlah identifikasi risiko serta analisis risiko agar nantinya dapat mengetahui risiko apa ang masuk ke dalam kategori risiko dominan. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif yang menggambarkan secara akurat dan sistematis mengenai situasi serta hubungan antar kondisi yang diteliti. Data penelitian ini diperoleh dari observasi langsung, wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 30 responden. Berdasarkan hasil identifikasi risiko dalam rangka pelaksanaan proyek pengembangan dan pembangunan gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RSUP Prof. Dr.I.G.N.G. Ngoerah Denpasar teridentifikasi 33 (tiga puluh tiga) risiko. Proses identifikasi, penilaian dan penerimaan risiko menunjukkan bahwa 1 (satu) risiko merupakan risiko yang tidak dapat diterima, 5 (lima) risiko merupakan risiko yang tidak terduga, 16 (enam belas) risiko tergolong kategori risiko yang tidak diinginkan dan 11 (sebelas) risiko dengan kategori dapat diabaikan.</p> Ni Kadek Kembang Pratiwi, I Gusti Agung Ayu Istri Lestari, Krisna Kurniari Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS) https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7731 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0800 Analisis Hidrologi Rancangan Pada Saluran Drainase di Daerah Peguyangan Kangin Denpasar Utara https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7732 <p>Kota Denpasar merupakan kota besar dengan perkembangan ekonomi yang maju, dan juga kemajuan pembangunan yang sangat pesat, sehingga berakibat terhadap berkurangnya daya resap air dengan banyaknya alih fungsi lahan dari lahan pertanian ke lahan non pertanian. Banjir yang terjadi di kawasan Jalan Cekomaria menuju Jalan Padma Denpasar menyebabkan terganggunya aktivitas ekonomi masyarakat yang mana banjir terjadi selama 30 menit dengan ketinggian genangan air sekitar 10 cm. Oleh karena itu, penulis mengambil penelitian dalam kapasitas debit air pada saluran drainase di Jalan Cekomaria menuju Jalan Padma Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode mononobe, Sherman, ishiguro, Talbot yaitu perhitungan yang berkaitan dengan curah hujan rencana, debit banjir rencana di daerah Peguyangan Kangin, Denpasar Utara. Curah hujan rencana dengan periode ulang 2 tahun sebesar 112,510 mm, periode ulang 5 tahun sebesar 136,970 mm, dan periode ulang 10 tahun sebesar 152,432 mm. Perhitungan debit banjir rencana untuk Q2 tahun sebesar 0,320 m<sup>3</sup>/det, Q5 tahun sebesar 0,441 m<sup>3</sup>/det dan Q10 tahun sebesar 0,520 m<sup>3</sup>/det.</p> I Putu Prasetia, Ida Bagus Suryatmaja, Anak Agung Ratu Ritaka Wangsa Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS) https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7732 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0800 Evaluasi Kelaikan Struktur Beton Bertulang Bangunan Showroom Suzuki di Jalan Imam Bonjol Denpasar https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7733 <p>Evaluasi kelaikan struktur beton bertulang bangunan <em>showroom</em> Suzuki di jalan Imam Bonjol Denpasar ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi material eksisting, sistem struktur eksisting, dan untuk mengetahui tingkat keamanan/kelaiakan material dan struktur eksisting terhadap beban standar yang akan diterapkan. Metode pengujian non destruktif dilakukan pada material eksisting yaitu pada beton dan tulangan, lalu dilakukan pemodelan dan evaluasi struktur eksisting. Pengujian material beton dengan metode non destruct dengan UPV (<em>Ultrasonic Pulse Velocity</em>) <em>test</em>, jumlah tulangan dengan <em>Rebar Scan</em>, dan kuat tarik baja tulangan dengan <em>H</em><em>ardness Test. </em>Data pengujian tersebut merupakan data sekunder dari hasil uji penelitian sebelumnya dan selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam pemodelan dan evaluasi struktur. Pemodelan 3-dimensi dan analisis menggunakan program komputer ETABS (<em>Extended Three Dimensional Analysis of Building Systems</em>). Hasil analisis berupa kapasitas komponen struktur yang terpasang, dilakukan dengan memeriksa <em>output</em> desain berupa kebutuhan tulangan lentur dan geser pada struk beton bertulang. Kriteria-kriteria terpenuhinya kekuatan, kekakuan, dan stabilitas sebagai standar untuk menyatakan kelayakan struktur secara teknis.</p> I Made Andi Kusuma Wijaya, I Made Sastra Wibawa, I Ketut Diartama Kubon Tubuh, I Gede Gegiranang Wiryadi Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS) https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7733 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0800 Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Tingkat Kebisingan Pada Kawasan Perkantoran Area Angkutan Barang Dinas Perhubungan Kota Denpasar https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7734 <p>Kendaraan merupakan salah satu sumber kebisingan utama yang ada di jalan. Semakin meningkatnya jumlah penduduk, semakin bertambah pula jumlah penggunaan kendaraan bermotor sebagai sarana tranportasi di jalan. Kecepatan merupakan salah satu faktor pada kendaraan yang dapat menimbulkan kebisingan. Kecepatan berkaitan dengan putaran mesin kendaraan, gesekan ban kendaraan terhadap jalan, serta beban muatan kendaraan. Kecepatan berpengaruh menimbulkan kebisingan apabila kendaraan melaju dengan putaran mesin yang tinggi dan interaksi roda dengan jalan semakin besar, hal ini menimbulkan permasalahan di bidang transportasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh kecepatan terhadap kebisingan yang ditimbulkan oleh kendaraan. Dimana penelitian ini dilaksanakan pada kawasan perkantoran area angkutan barang Dinas perhubungan Kota Denpasar yang berlokasi di Jalan Gunung Galunggung, Kota Denpasar. &nbsp;Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian langsung dengan melakukan survey dan perhitungan kecepatan kendaraan barang dari sampel kendaraan yang telah ditentukan. Dengan melakukan penelitian langsung berupa survey di lapangan akan diperoleh data-data berupa kecepatan kendaraan barang yang melintas serta kebisingan yang ditimbulkannya. Penelitian dilaksanakan selama 3 hari, dimana dilakukan 4 kali pengukuran pada siang hari dan 3 kali pengukuran pada malam hari. Pengukuran dilakukan dengan selang waktu 5 detik selama 10 menit setiap waktu pengukuran. Pengukuran menggunakan alat <em>Sound level Meter</em> untuk mengukur kebisingan dan <em>Stopwatch</em> untuk mengukur waktu tempuh kendaraan pada jarak yang telah ditentukan. Dari survey dan perhitungan yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa tingkat kecepatan kendaraan tidak selalu berbanding lurus dengan tingkat kebisingan. Kecepatan kendaraan yang tinggi belum tentu menghasilkan tingkat kebisingan yang tinggi. Hal ini dapat dilihat pada hasil analisis penelitian saat kondisi ramai pada hari Senin, 19 Juni 2023 yaitu pada saat kecepatan 25,99 km/jam menghasilkan kebisingan sebesar 76,18 dB, sedangkan pada saat kecepatan 21,54 km/jam menghasilkan tingkat kebisingan lebih kecil sebesar 76,18 dB.</p> Putu Sita Devani, Cokorda Putra Wirasutama, I Gusti Agung Gde Suryadarmawan, Ni Ketut Sri Astati Sukawati Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS) https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7734 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0800 Analisis Desain Ruang Parkir Pada Kawasan Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7735 <p>Parkir merupakan keadaan diam suatu kendaraan tanpa berhenti sementara. Setiap pengemudi kendaraan bermotor ingin mencari lokasi yang paling dekat dengan tempat ia bekerja atau beroperasi untuk parkir. Penyediaan tempat parkir pasti harus didasari oleh pelayanan parkir yang baik agar pemanfaatan ruang parkir yang tersedia dapat dilakukan secara optimal, hal ini tidak lepas dari perencanaan tempat parkir.Penelitian &nbsp;ini secara khusus menitikberatkan pada perencanaan pola dan desain tempat parkir untuk kendaraan yang melakukan KIR di Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan, karena kurangnya pengaturan parkir di Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan sehingga masyarakat yang melakukan KIR memarkirkan kendaraannya sembarangan dan terkesan belum tertata dengan baik. Jumlah pruang parkir optimal untuk setiap struktur parkir kendaraan yang melakukan KIR pada area parkir 1 dan area parkir 2 yaitu: gambar desain parkir 1 dengan sudut 90<sup>0</sup> dengan kapasitas total sebesar 4 SRP untuk bus/truk dan 18 SRP untuk mobil/pick up, gambar desain parkir 2 dengan sudut 45<sup>0</sup> dengan daya tamping total sebesar 4 SRP untuk bus/truk dan 25 SRP untuk mobil/ pick up, dan gambar desain parkir 3 dengan sudut 45<sup>0</sup> dan 90<sup>0</sup> kapasitas yang diperoleh dari hasil desain sebanyak 4 SRP untuk bus/truk dan 16 SRP untuk mobil/ pick up. Sehingga desain pola parkir pada fasilitas parkir kendaraan yang melakukan KIR yang paling optimum yaitu sudut 90<sup>0</sup>, dengan ini diharapkan membantu mengatasi permasalahan penataan parkir yang tidak teratur.</p> I Nyoman Budiawan Pranatha, I Gusti Agung Gde Suryadarmawan, I Ketut Sudipta Giri, I Wayan Gede Darma Yoga Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS) https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7735 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0800 Kualitas Air Sungai Petanu Ditinjau dari Parameter Fisik Kimia dan Biologi https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7736 <p>Sungai Petanu merupakan sungai yang berada di Kabupaten Gianyar. Selain digunakan sebagai tempat sosial religius dari agama hindu, sungai Petanu dimanfaatkan sebagai aliran irigasi pertanian oleh masyrakat sekitar, rekreasi air terjun, sebagai pasokan air baku pengolahan air bersih (IPA Petanu). Sungai Petanu juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mencuci, mandi, kakus (MCK) dan sebagai fungsi utama dalam menyalurkan air limbah dari kawasan perkmukiman yang ada di sekitar sungai. Berdasarkan berbagai macam kegiatan tersebut tentu akan mempengaruhi kualitas air sungai Petanu baik dari segi fisik, kimia maupun biologi. Penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa sungai Petanu telah mengalami pencemaran, hal tersebut di tandai dengan beberapa parameter yang melebihi baku mutu air kelas II. Paramter tersebut adalah fosfat dengan konsentrasi 0,3 mg/L yang berada di hilir sungai Petanu dan paramter <em>fecal coliform</em> yang berada di tengah dengan konsentrasi 2.400 MPN/100 mL dan di hilir sungai Petanu dengan konsentrasi 1.500 MPN/100 ML.</p> Simeon Petrus Tallo, I Made Sastra Wibawa, Ni Luh Putu Mahendra Dewi Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS) https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7736 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0800 Identifikasi Beban Pencemaran Tukad Pakerisan https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7737 <p>Pertambahan angka pertumbuhan jumlah penduduk akan berdampak pada mempengaruhi ketersediaan air di wilayah tersebut, menyebabkan sumber daya air semakin tidak seimbang karena adanya sampah maupun limbah yang dihasilkan dari aktivitas manusia masuk ke badan sungai. Selain itu, hal tersebut juga dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada lingkungan tersebut semakin berat. Hal ini akan menyebabkan bertambahnya tingkat beban pencemaran yang masuk ke dalam sungai dari berbagai komponen sumber pencemaran. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk mengetahui tingkat pencemaran di Tukad Pakerisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pencemran yang dihasilkan dari hasil perhitungan beban pencemaran maksimum (BPM) dan beban pencemaran aktual (BPA). Titik pengambilan sampel dimulai dari titik hulu ke titik hilir Tukad Pakerisan. Berdasarkan hasil perhitungan beban pencemaran pada Tukad Pakerisan dengan perhitungan beban pencemaran maksimun (BPM) dan beban pencemaran aktual (BPA), didapatkan beberapa parameter yang diukur melebihi standar baku mutu yang ditetapkan, meliputi pada titik hulu parameter yang melebihi standar baku mutu adalah <em>Biological Oxygen Demand </em>(BOD) sebesar 689 kg/hari, <em>Chemical Oxygen Demand</em> (COD) sebesar 3.246 kg/hari, <em>Dissolved Oxygen</em> (DO) sebesar 689 kg/hari, Fosfat sebesar 22 kg/hari. Pada titik tengah parameter yang melebihi standar baku mutu adalah<em> Dissolved Oxygen</em> (DO) sebesar 787 kg/hari, dan <em>Fecal Coliform </em>sebesar 236.067 kg/hari. Pada titik hilir parameter yang melebihi baku mutu adalah <em>Dissolved Oxygen</em> (DO) sebesar 590 kg/hari, dan Fosfat sebesar 22 kg/hari. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan atau kapasitas Tukad Pakerisan dalam menampung beban pencemaran telah melampaui batas maksimum.</p> Ni Putu Meilda Florenzia Ekayanti, I Made Nada, Ni Luh Widyasari, I Made Satya Graha Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS) https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jitumas/article/view/7737 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0800