PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENERAPAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA X MM SMK PGRI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Yovita Saem Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • A.A. Rai Laksmi Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Widana Putra Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: menulis puisi, Metode Number Head Together (NHT)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk (1) mendapatkan data yang pasti metode Nunber Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui penerapan metode Number Head Together (NHT) pada siswa kelas X MM SMK PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) menemukan langkah-langkah yang tepat dalam penerapan metode pembelajaran Number Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi. Ada pun metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini sebagai metode utama untuk memperoleh data: (1) Metode Observasi dan (2) Metode Tes. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah berbentuk tugas yaitu menulis puisi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak aktif dalam mengamati peningkatan tiap siklus dari peserta didiknya dalam menulis puisi, dan mengidentifikasi dengan tujuan penelitian, kemudian menafsirkan dan melaporkan hasil. Hasil yang diperoleh mengenai hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Number Head Together (NHT) mampu meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X MM SMK PGRI 4 Denpasar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi mengalami peningkatan dan nilai rata-rata kelas pra siklus sebesar 4,91 meningkat sebesar 1,2 menjadi 6,11 pada siklus I, selanjutnya meningkat sebesar 0,89 dari nilai rata-rata pada siklus I, menjadi 7 pada siklus II, dan meningkat sebesar 1,05 dari nilai rata-rata pada siklus II menjadi 8,05. Nilai tersebut sudah melebihi target yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75, maka penelitian dihentikan sampai pada siklus III.

References

Marhaeni dkk. 2013. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS terhadap Kemampuan Berbicara dan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus III Kecaamatan Seririt. (Jurnal). Universitas Pendi dikan Ganesa.

Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Ke las. Jakarta: Kencana.

Sitomorang. 1983. Puisi dan Metodologi Pengajarannya. Ende Flores: Nusa Indah.

Published
2020-12-21
Section
Articles