PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS OBSERVASI MELALUI PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS X AP4 SMK PGRI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Mariani Mulyati Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • IGA. Putu Tuti Indrawati Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Suparsa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Menulis Teks Observasi, metode Pembelajaran Cooperative Script

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk (1) mendapatkan data yang pasti bahwa Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan menulis teks observasi pada siswa kelas X AP4 SMK PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019, dan (2) menemukan langkahlangkah penerapan metode pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan keterampilan menulis teks observasi pada siswa kelas X AP4 SMK PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Data tersebut dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil tes yang diperoleh dalam penerapan metode pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan keterampilan menulis teks observasi pada Siswa Kelas X AP4 SMK PGRI 4 Tahun Pelajaran 2018/ 2019 mengalami peningkatan. Pada tes awal nilai rata--rata hanya 4,6 dengan kategori kurang, Siklus I nilai rata--rata 5,6 dengan kategori hampir cukup, Siklus II nilai rata--rata 6,4 dengan kategori hampir cukup dan nilai rata-rata siswa pada Siklus III mengalami peningkatan menjadi 7,9 dengan kategori lebih dari cukup. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan keterampilan menulis teks observasi pada siswa kelas X AP4 SMK PGRI 4 Tahun Pelajaran 2018/2019 dinyatakan berhasil karena sudah mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu sebesar 75.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta .

Arikunto. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara

Ahmadi, 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA3 Malang.

Enre, 1988. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.

Gunawan Hendra, 2015. Keefektifan Strategi Generative dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi

Http://id.m.wikibooks.org

Http://infoguruterbaru.blogspot.com

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013 . Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan (Buku Guru). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemendikbud.2013.Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Miftahu lA’la, 2011.QuantumTeachin.Yog yakarta:Diva press.

Nurkencana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usana Offset Printing

Nurkencana dan PPN Suartana, 1992. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Netra. 1974. Metodelogi Penelitian. Singaraja: Biro Penelitian FKIP UNUD

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan, Henry Guntur 1986. Menulis sebagai Suatu Keteramilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.

Tarigan. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Schank, Abelson, Hadi. 2007. Model Pembelajaran Cooperative Script.

Sugyono, 2014: 2. Metode Penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.

Sanjaya. 2009. Teknik Analisis Data. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Yustin Arini.blogspot.com/2013/08/Model Pembelajaran Cooperative Script

Published
2020-12-21
Section
Articles