ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA

  • Ni Putu SIntya Dewi Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Wedasuwari Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Widana Putra Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Novel, nilai-nilai pendidikan, bentuk penyampaian

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, bentuk penyampaian nilai pendidikan dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata serta pentingnya nilai pendidikan dalam kehidupan sehari-hari yang digambarkan dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Data dalam penlitian ini diolah dengan teknik retroaktif yaitu pembacaan secara berulang kali secara satu arah ke arah yang lainnya untuk menangkap makna. Adapun langkah dalam mengumpulkan data yaitu (1) mencatat data berupa kata, (2) mengelompokan data, (3) mendeskripsikan data, (4) menganalisis data, (5) menyimpulkan hasil analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan temuan empat nilai pendidikan yaitu nilai pendidikan moral, nilai pendidikan religius, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan budaya. Bentuk penyampaian nilai pendidikan secara langsung maupun tidak langsung, serta banyak nilai pendidikan yang bisa untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

References

Elen, Hilariani Sofita. 2019. Analisis Feminisme Sastra pada Novel “Perempuan di Titik Nol” Karya Nawal ElSaadawi. Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Handayani, Dewa Ayu Sri. 2018. Analisis Nilai-Nilai Moral Dalam Novel “Kasta” Karya Witri Prasetyo Aji. Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Hirata, Andrea. 2008. Sang Pemimpi. Bandung. Bentang Pustaka.

Ipel. Montol. Nyamat. 2003. Tema, Amanat, dan Nilai Budaya Karungut Wajib Belajar 9 Tahun Dalam Sastra Dayak Ngaju. Jakarta. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Minderop, Albertine. Psikologi Sastra Karya Sastra, Metode, Teori dan Contoh Kasus. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Nugraha, Fajar Briyanta Hari. 2014. Nilai Moral dalam Novel “Pulang” Karya Leila S Chudori. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Satinem. 2019. Apresiasi Prosa Fiksi Teori, Metode, dan Penerapannya. Yogyakarta. DEEPUBLISH (Grup Penerbit CV Budi Utama).

Suryadi dan Nuryatin.2017. Nilai Pendidikan dalam Antologi Cerpen “Senyum Karyamin” Karya Ahmad Tohari. Artikel. Universitas Negeri Semarang Indonesia.

Shoim. Sudaroji dan Majuri. 1990. Pendidikan Moral Pancasila Berdasarkan Kurikulum Terbaru GBPP 1987. Surabaya. Penerbit Indah.

Suhita dan Purwahida. 2018. Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Sitanggang. Sasmito dan Jayawati. 2003. Religiusitas Dalam Tiga Novel Modern Kemarau, Khotbah Diatas Bukit dan Kubah. Jakarta. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Wicaksono, Andri. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta. Garudhawaca.

Wulandari, Ni Wayan Eka Mela. 2019. Analisis Struktur Tema dan Nilai-Nilai Moral dalam Novel Sunyi di Dada Sumirah Karya Arfie Ahmad. Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Zuriah, Nurul. 2008. Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta. Bumi Aksara

Published
2020-12-21
Section
Articles