PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL MELALUI MEDIA STRIP KOMIK (COMIC STRIP) PADA SISWA KELAS VIIA SMP WISATA SANUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Dewa Ayu Wulan Widyantari Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Adi Susrawan Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Widana Putra Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Menulis Teks Fabel, Metode Discovery Learning dan Media Strip Komik, Comic Strip

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan Metode Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan menulis teks fabel melalui media Strip Komik (Comic Strip) pada siswa Kelas VIIA SMP Wisata Sanur Tahun Pelajaran 2019/2020 dan menemukan langkah-langkah yang tepat dalam penerapan metode Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan menulis teks fabel melalui media Strip Komik (Comic Strip). Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Metode Observasi, dan Metode Tes. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah lembar observasi dan tes yang berbentuk tugas yaitu menulis teks fabel. Dalam penelitian ini peneliti bertindak aktif dalam mengamati peningkatan tiap siklus dari peserta didik dalam menulis teks fabel, dan mengidentifikasi dengan tujuan penelitian, kemudian menafsirkan dan melaporkan hasil. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks fabel mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pra siklus sebesar 5,64 meningkat sebesar 0,84 menjadi 6,48 pada siklus I, selanjutnya meningkat sebesar 1,39 dari nilai rata-rata pada siklus I, menjadi 7,87 pada siklus II. Nilai tersebut sudah melebihi target yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75, maka penelitian diberhentikan sampai pada siklus II.

References

Lolan, Novinomena. 2017. Skripsi : Peningkatan Kemampuan Menganalisis Struktur Paragraf Eksposisi Melalui Metode Coperative Integrated Reading and Compotition Pada Siswa Kelas VII SMP (SLUB Saraswati) Denpasar Tahun Pelajaran 2016/2017.

Nazar, Mery. 2013. Skripsi : Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Padang. Padang: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat. (http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id. Diakses tanggal 26/01/2020.

Sanjaya, H. Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Published
2020-12-21
Section
Articles