PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERPEN MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Ferena Sunarti Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Diarta Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • IGA. Putu Tuti Indrawati Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Menyimak Cerpen, Metode Numbered Head Together

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerpen melalui metode Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas VII SMPN 4 Denpasar, menemukan langkah-langkah yang tepat dalam metode Numbered Head Together (NHT). Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi,metode wawancara, kuesioner dan metode tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, PTK ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang menunjukkan bahwa pembelajaran metode Numbered Head Together (NHT) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerpen, hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil kemampuan menyimak cerpen pada tes awal nilai 4,72 dengan kategori kurang, siklus I sebesar 5,83 dengan kategori kurang dan siklus II sebesar 6,72 dengan kategori lebih dari cukup serta pada siklus III sebesar 7,88 dengan kategori baik. Nilai yang diperoleh pada saat penelitian di kelas VII SMPN Denpasar melebihi target yang ditetapkan oleh peneliti yaitu sebesar 75, dengan demikian pelaksanaan penelitian dihentikan sampai pada siklus III dan siswa memberikan respon positif pada objek penelitian, sehingga dapat disimpulkan metode Numbered Head Together (NHT) memberikan pengaruh positif, meningkatkan aktivitas, motivasi, serta hasil belajar siswa sehingga penelitian ini dapat menjadi referensi untuk diterapkan oleh guru pada materi pembelajaran yang sama atau materi lain yang relevan.

References

Anderson. 1997. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer. Abdul. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Erlin Nur. 2007. Penelitian ini Menggunakan Rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Kartasura: Duta Permata Ilmu.

Fitroh, Chawa. 2011. Meningkatkan Keterampilan Menyimak, Universitas Negeri Semarang.

Greene dan Petty. 1979. Developing Language Skill In The Elementary Schools. Alyn and Bacon: Boston.

Hasan Alwi. 1993. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, Cet. V.

Henry,Guntur Tarigan. 1983. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Jumanta. 2016. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Logan Dah Shrope dalam Tarigan.1987. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Musfiroh. 2004. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka

Netra. 1974. Metode Analisis Deskriptif Kualitatif adalah Suatu Metode yang Menggunakan Paparan yang Sederhana . Bandung: Alfabeta.

Pintamtyastirin. 1984. Uji Keterbatasan BukuBuku Teks Bahasa Indonesia SMU Kurikulum 1994. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Purwanti. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pusat Pelajar.

Sutari. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka

Spenser Kagen. 1993. Cooperative Learning. San Juan Capistrano. Kagan Cooperative Learning.

Sugyon. 2014. Metode Penenlitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Tarigan. 1963. Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: CV Angkasa

Tarigan. 1979. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tarigan. 1983. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan. 1987. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Angkasa Bandung.

Tarigan. Djago. 2013. Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardana. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Published
2020-12-21
Section
Articles