PENGARUH SIKAP BAHASA SISWA KELAS XI TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAK HARAPAN DENPASAR TAHUN AJARAN 2018/2019

  • Ana Rohaidatul Aisi Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Adi Susrawan Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • IGA. Putu Tuti Indrawati Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: sikap bahasa, pengaruh sikap bahasa terhadap proses pembelajaran

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Sikap Bahasa Siswa Kelas XI Terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAK Harapan Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019 yang bertujuan (1) Mendeskripsikan sikap bahasa siswa SMAK Harapan Denpasar (2) dan Pengaruh sikap bahasa siswa terhadap proses pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dengan teknik angket dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAK Harapan Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 100 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMAK Harapan Denpasar memiliki sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari angket yang disebar kepada 100 orang siswa berdasarkan indeks akumulasi sebesar 96% berdasarkan aspek (1) kebanggaan menggunakan bahasa Indonesia, 71% berdasarkan aspek (2) adanya Kesetiaan menggunakan bahasa Indonesia, dan 87% berdasarkan aspek (3) adanya sikap kesadaran akan norma bahasa. Berdasarkan hasil angket kuesioner dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Siswa kelas XI SMAK Harapan Denpasar secara aktif dan penuh antusias mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia. Siswa terlibat dalam kegiatan diskusi, mengemukakan pendapat, maupun memberi pertanyaan ataupun jawaban dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Berdasarkan analisis yang diperoleh menunjukkan adanya hubungan antara sikap bahasa siswa dengan proses pembelajaran bahasa Indonesia. Sikap yang positif siswa akan berdampak pada proses pembelajaran yang berlangsung. Semakin positif sikap siswa terhadap bahasa Indonesia, maka semakin baik pula proses pembelajaran yang dilakukan hingga tecapainya tujuan dari proses pembelajaran bahasa Indonesia

References

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Apriana, Laili. 2013. Sikap Bahasa Siswa Siswa Kelas VII SMP Darma Bangsa Tahun Pelajaran 2012/2013 dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa di SMP (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Aslinda, dan Leni Syafyahya. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT Rineka Aditama.

Azwar, Saifuddin. 2016. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Busri, Hasan dan Moh. Badrih. 2018. Linguistik Indonesia Pengantar Memahami Hakikat Bahasa. Malang: Madani Media.

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hadeli. 2006. Metode Penelitian Kependidikan. Jakarta: Quantum Teaching.

Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa Panduan Ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nababan. 1991. Sosiolinguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Pateda, Mansoer. 1987. Sosiolinguistik. Bandung. Angkasa.

Riyanti, Wahyu. 2017. Sikap Terhadap Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2016/2017 dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas lampung. Bandar Lampung.

Rokhman, Fathur. 2013. Sosiolinguistik Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rusyana, Yus. 1989. Perihal Kedwibahasaan (Bilingualisme). Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPLPT.

Suandi, I Nengah. 2014. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukmadinata, Nana S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyoto, Danang.2013. Metode Dan Instrumen Penelitian. Yogyakarta. CAPS.

Tarigan, Henry Guntur. 1984. Psikolinguistik. Bandung: Angkasa Bandung.

Trijono, Rachmat. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Jakarta: Papas Sinar Sinanti.

Wardani, K.Devi Kalfika Anggriani. 2013. Sikap Bahasa Siswa Terhadap Bahasa Indones, Studi Kasus di SMA Negri 1 Singaraja. Skripsi. Tidak diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Ganesha: Singaraja.

Zuriah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Teori aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2020-12-21
Section
Articles