PENERAPAN METODE KARYA WISATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL OPINI KELAS XII SMAK THOMAS AQUINO

  • Albertus Yoram Diri Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Adi Susrawan Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
  • IGA. Putu Tuti Indrawati Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Penerapan metode karya wisata, artikel opini, peningkatan kemampuan menulis artikel opini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ertama, penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XII IPS-3 SMAK Thomas Aquino dalam menulis artikel opini dengan metode karya wisata, untuk mengetahui langkah-langkah penerapan metode karya wisata untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel opini, dan untuk mengetahui respon siswa kelas XII IPS-3 SMAK Thomas Aquino setelah penerapan metode karya wisata dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel opini. Penelitian ini berhasil meningkatkan kemampuan menulis artikel opini siswa kelas XII IPS-3 SMAK Thomas Aquino dan menumbuhkan respon positif terhadap penerapan metode karya wisata di kelas tersebut. Hal ini dapat dicermati dari perolehan nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan yang signifikan. Pada hasil tes awal nilai rata-rata siswa hanya mencapai 6,0. Nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan pada tes siklus I menjadi 6,8, meningkat menjadi 7,58 pada siklus II, dan meningkat pula peda siklus III menjadi 8,03. Selain itu, dari data koesioner peneliti memperoleh data respon siswa yang menunjukan 90,53% dari 19 siswa memberikan respon sangat baik terhadap penerapan metode karya wisata.

References

Elina Syarif, dkk.(2009).Pembelajajaran Menulis.Jakarta:Dapertemen Pendidikan Nasional

Helmiati, Haji.(2012).Model Pembelajaran.Yogyakarta:Awasjaya Prassido.

Sudarman, I Nyoman.(2014).Meningkatkan Kemampuan Menulis Kerangka Narasi Melalui Pedekatan Kontekstual Dengan Inspirator Lingkungan Sekolah Siswa Kelas VII B SMP Negeri Isusut Bangli Tahun Ajaran 2013/2014.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Published
2020-12-21
Section
Articles