PENGARUH PENGENDALIAN INTREN, PERPUTARAN KREDIT DAN PERTUMBUHAN JUMLAH NASABAH TERHADAP PROFITABILITAS LPD DI DENPASAR SELATAN TAHUN 2017-2020

Authors

  • Ni Putu Atika Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pengendalian Intern, Perputaran Kredit, Pertumbuhan Jumlah Nasabah, Profitabilitas

Abstract

Kesehatan LPD sangatlah penting bagi semua pihak seperti pemilik, pengelola dan pengguna jasa. Kesehatan LPD dapat dilihat dari profitabilitasnya. Profitabilitas merupakan kemampuan LPD untuk mencari dan menghasilkan laba secara efektif dan efisien dalam suatu periode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengendalian intern, perputaran kredit dan pertumbuhan jumlah nasabah terhadap profitabilitas LPD di Denpasar Selatan Tahun 2017-2020.

Populasi dalam penelitian ini adalah LPD yang terdapat di Denpasar Selatan yang terdaftar di Pembina Lembaga Perkreditan Desa (LPLPD) Kota Denpasar sejumlah 11 LPD. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 10 LPD dengan 4 tahun amatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian intern berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Perputaran kredit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Pertumbuhan nasabah tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.

References

Asih, N.K.D., Adiputra dan Surya.2014. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Tingkat Pertumbuhan Jumlah Nasabah dan Ukuran Perusahaan pada Profitabilitas Koperasi Simpan Pinjam (KSP) di Kecamatan Buleleng. E-Jurnal S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha.

Ayu, Sri Yuni Swastini A.A. 2016. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Kredit, Tingkat Kecukupan Modal, dan Jumlah Nasabah terhadap Profitabilitas (ROA) pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan periode 20122015. Skripsi. Universitas Mahasarwati Denpasar.

Dendawijaya. (2015). Manajemen Perbankan. . Bogor: Ghalia Indonesia.

Dendawijaya, L. (2009). Manajemen Perbankan,. Edisi Kedua. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Ernia, M.D., dan Atmaja, Lucy. 2014. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Perputaran Kredit, Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Kecukupan Modal dan Jumlah Nasabah Terhadap Profitabilitas (Studi pada LPD Kabupaten Buleleng Yang Terdaftar pada LPLPD Periode 2009-2013). E-Jurnal S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha.

Ghozali, Imam.2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan IBM Program SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Jessy Janawati, Ni Wayan, Nyoman Badera, I Dewa. Pengaruh Pengendalian Intern Kredit, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan pada Kemampulabaan LPD di Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.25.1.Oktober (2018): 187-213

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan ketujuh. Jakarta PT. Rajagrafindo

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. cetakan kesembilan, Penerbit : RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Magu, JK., Kibati, P. 2016. Influence of Internal Control Systems on Financial Performance of Kenya Farmers’ Association Limited. International Journal of Economics, Commerce and Management, 4 (4), pp: 783-800.

Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 8 tahun 2002 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 2 Tahun 1988 tentang Lembaga Perkreditan Desa.

Peraturan Daerah Provinsi Bali No. 3 Tahun 2007 Tentang Lembaga Perkreditan Desa Provinsi Bali. (n.d.).

Peraturan Daerah Provinsi Bali, No. 2 Tahun 1988. Tentang Lembaga Perkreditan Desa Provinsi Bali. (n.d.).

Peraturan Daerah Provinsi Bali, No. 8 Tahun 2002. Tentang Lembaga Perkreditan Desa Provinsi Bali. (n.d.).

Rustina, Ni Kadek. 2018. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Tingkat Perputaran Kredit, dan Pertumbuhan Jumlah Nasabah Terhadap Profitabilitas Pada KSU Se-Kecamatan Blahbatuh. Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Saputra, I.P.E.W.2018. Kualitas Kredit Sebagai Pemoderasi Pengaruh Tingkat Penyaluran Kredit dan BOPO Terhadap Profitabilitas LPD di Kabupaten Badung. Skripsi Fakultas Ekonomi Universita Mahasaraswati.

Suriantini, N.M.W.2016. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Tingkat Perputaran Kredit, Tingkat Kecukupan Modal dan Pertumbuhan Jumlah Nasabah pada Profitabilitas KSP di Desa Sanur Tahun 2012-2015.Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Supriyono, R. A. (2018). Akuntansi Keprilakuan. . Gajah Mada University Press.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung: Alfabeta, cv.

Supriyono, R. A. (2018). Akuntansi Keprilakuan. . Gajah Mada University Press.

Surat Keputusan Gubernur Daerah Tingkat 1 Bali Nomor 972 Tanggal. (1 November 1984). Bali.

Sedana, Amerta., Purnawati, Ayu., dan Wahyuni, Arie. 2017. Analisis tingkat Perputaran Kas, Jumlah Kredit, Jumlah Simpanan, Jumlah Nasabah, Jumlah Tenaga Kerja, dan Jumlah NPL Terhadap Profitabilitas pada PT. BPR Nusambah Kubutambahan Periode 20112015. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1 (Vol : 8 No. 2 Tahun 2017).

Suaerawan, Ni Nyoman. 2017. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Tingkat Kecukupan Modal, Jumlah Nasabah, dan Tingkat Perputaran Kredit terhadap Profitabilitas LPD di Kecamatan Abang. Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sudirman, I. W. 2013. Manajemen Perbankan Edisi Pertama. Denpasar: Balai Pustaka.

Undang-undang No. 10 tahun 1998 Tentang Perbankan.

Wahyuningtyas. 2007. Pengaruh Efektivitas Pengendalian Intern Kredit Terhadap Rentabilitas PD. BPR BKK Di Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles