PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP HEDONISME, DAN PENDAPATAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA UNMAS

Authors

  • Ni Luh Putu Kristina Dewi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Agus Wahyudi Salasa Gama Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

literasi keuangan, gaya hidup hedonisme, pendapatan, pengelolaan keuangan

Abstract

Di era globasasi saat ini membawa peningkatan serta pertumbuhan perekonomian seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia yang memberikan dampak terhadap perilaku keuangan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Individu harus dapat mengelola keuangannya secara cermat agar menghasilkan keputusan yang tepat dan efisien dalam penggunaan ataupun alokasi dana yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh literasi keuangan, gaya hidup hedonisme, dan pendapatan terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa yang akan dilakukan pada mahasiswa Unmas Denpasar.

Populasi penelitian adalah seluruh Mahasiswa Unmas Denpasar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen angkatan 2017 kelas regular pagi dengan jumlah 173 orang. Sampel dalam penelitian ini ialah seluruh Mahasiswa Unmas Denpasar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen angkatan 2017 kelas regular pagi yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh.. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan, gaya hidup hedonisme, dan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa Unmas Denpasar. Penelitian ini masih memiliki keterbatasan dimana variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini belum mencakup keseluruhan faktor-faktor yang mempengaruhi Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Unmas serta penelitian hanya dilakukan disatu tempat penelitian saja, diharpakan penelitian selanjutnya mampu menambahkan faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan keuangan serta dapat dilakukan di tempat yang lebih luas lagi.

Downloads

Published

2021-03-10

Issue

Section

Articles