METODE SINERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH

  • Ninik Kristantini SMA Negeri 4 Denpasar
Keywords: Metode sinergetic teaching, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS2semester II tahun pelajaran 2018/2019 di SMA Negeri 4 Denpasardengan menggunakan metode sinergetic teaching dalam proses pembelajaran. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS2 semester II tahun pelajaran 2018/2019 di SMA Negeri 4 Denpasar. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif berupa hasil belajar yang dikumpulkan menggunakan instrumen tes. Hasil yang diperoleh di analisis dengan analisis deskriptif. Setelah berakhir melakukan analisis data diketahui bahwa peningkatan prestasi belajar sudah dapat diupayakan. Hal tersebut terbukti dari kenaikan nilai siswa dari rata-rata awal 70,22 dengan ketuntasan belajar 33,33% pada siklus I meningkat menjadi 73,53 dengan ketuntasan belajar 63,89% dan pada siklus II sudah meningkat menjadi 82,47 dengan ketuntasan belajar 97,22%. Data tersebut menuntut peneliti untuk membuat simpulan bahwa penggunaan metode sinergetic teaching dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa di kelas XI IPS2semester IItahun pelajaran 2018/2019 di SMA Negeri 4 Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nana Sudjana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar BaruAlgesindo. Bandung
Hisyam Zaini.2008. Srategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri.
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Bealajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembagan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,Jakarta: Balai Pustaka, 1990.
Chaplin. J.P. 2002. Kamus lengkap psikologi. Cetakan Keenam. Penerjemah : Kartiko, K. Jakarta : PT. Raja Grafika Persada.
Published
2020-03-30