PENINGKATAN PRESTASI KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM

  • I Made Subawa SMA Negeri 4 Denpasar
Keywords: Prestasi Belajar, Model pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team

Abstract

Kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas XI MIPA 2 semester I SMA Negeri 4 Denpasar tahun pelajaran 2016/2017 ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Kimiasiswakelas XI MIPA 2 semester I SMA Negeri 4 Denpasar tahun pelajaran 2016/2017setelah menggunakanmodel pembelajaran aktif tipe quiz teamsecara optimal dalam proses pembelajaran. Permasalahan awal yang terjadi adalah belum maksimalnya proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar kimiasiswa akibat masih menggunakan model pembelajaran tanpa teori yang memadai. Setelah data dikumpulkan menggunakan alat berupa tes prestasi belajar siswa dari rata-rata awal prestasi belajar Kimia siswakelas XI MIPA 2 semester I SMA Negeri 4 Denpasar tahun pelajaran 2016/201769,65 naik menjadi 73,16pada siklus I dan naik menjadi 82,19pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar yang diperoleh siswa pada awal 29,73% meningkat pada siklus I 54,05% dan pada siklus II menjadi 94,59%. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar kimia dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team pada siswakelas XI MIPA 2semester I SMA Negeri 4 Denpasartahun pelajaran 2016/2017.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, Syaful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Dalvi. 2006. Guru yang Menggairahkan. Yogyakarta: Gama Media.
Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.
Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1991. Kamus Besar Bahasa IndonesiaEdisi Kedua.Jakarta: Balai Pustaka.
Published
2020-03-30