OPTIMALISASI PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA

Authors

  • I Made Perta SMP Negeri 6 Denpasar

Keywords:

Model Problem Solving, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS. Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 6 Denpasar dengan jumlah subjek 36 orang siswa kelas VII-6 semester I tahun pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 6 Denpasar. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes prestasi belajar yang kemudian dilakukan analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan berdasar tahapan: (1) menyusun rencana kegiatan, (2) melaksanakan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut hasil observasi awal pembelajaran siswa kurang aktif, mudah jenuh, dan perhatian siswa pada penjelasan guru sangat kecil sehingga nilai rata-rata siswa hanya sebesar 75,64 dengan ketuntasan belajar 52,78%. Setelah tindakan siklus I penguasaan materi pembelajaran meningkat menjadi rata-rata 77,50 dengan ketuntasan belajar 72,22%. Hasil tindakan pada siklus II penguasan materi setelah diberikan tes prestasi belajar meningkat menjadi 80,06 dengan ketuntasan belajar 100,00%. Presentase ketuntasan belajar pada siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan dan siklus dinyatakan tidak dilanjutkan, dengan simpulan bahwa optimalisasi pelaksanaan model pembelajaran problem solving telah mampu dengan baik untuk dijadikan alternatif dalam meningkatkan prestasi belajar IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-30