Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

Jurnal Agriofarm memuat naskah artikel yang berkaitan dengan penelitian pada bidang Agroteknologi dan Agribisnis. Artikel merupakan hasil penelitian mutakhir mahasiswa Fakultas Pertanian dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati. Naskah artikel yang akan diterima merupakan naskah yang belum pernah diterbitkan atau tidak dalam proses publikasi pada berkala ilmiah nasional maupun internasional lainnya. Setiap naskah yang masuk akan dinilai oleh Dewan Redaksi. Dewan Redaksi berhak meminta penulis untuk memperbaiki naskah apabila ada kesalahan, sebelum naskah dikirimkan kepada reviewer.

 

Pengiriman Naskah

Naskah dapat dikirmkan melalui Open Journal System pada link https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/agriofarm. Sebelum melakukan submission naskah, penulis diwajibkan melakukan registrasi akun terlebih dahulu. Proses submission naskah terdiri dari beberapa tahapan diantaranya: (a) Start new subimission, pilih jenis artkel dan cek list semua persyaratan; (b) Upload naskah/artikel (file MS Word); (c) Isi metadata semua penulis (penulis utama dan penulis anggota); (d) Upload suplementary file (jika ada); (e) Konfirmasi. Seluruh proses korespondensi dan status naskah tersedia pada OJS. Pertanyaan tentang cara penggunaan OJS dan pengiriman naskah, dapat dikirimkan melalui email ke [email protected]

 

Format

Seluruh bagian naskah, termasuk abstrak, judul tabel dan gambar, catatan kaki pada tabel, dan daftar pustaka diketik dengan spasi rangkap pada kertas berukuran A4, batas tepi ketikan pada semua sisi masing-masing 3 cm, satu kolom, tipe huruf Times New Roman 12 pt setiap baris diberi nomor urut, nomor halaman ditempatkan pada bagian kanan atas. Tabel dan gambar diletakkan pada bagian isi naskah. Naskah artikel hasil penelitian maksimum 3000 kata (termasuk gambar dan tabel).

 

Uraian Struktur Penulisan Naskah

Struktur penulisan naskah artikel hasil penelitian adalah sebagai berikut. Judul. Halaman judul terdiri atas judul, nama lengkap penulis, setiap penulis dilengkapi dengan nama lembaga, kota, dan kode pos. Penulis korespondensi diberi tanda * dan dilengkapi dengan alamat surat lengkap, nomor telepon dan faksimil, dan alamat surat elektronik (surel, e-mail) sebagai catatan kaki. Judul singkat (tanpa singkatan) dan jelas (≤15 kata), diketik dengan huruf besar pada setiap awal kata dengan pengecualian sesuai kaidah Bahasa Indonesia. Nama latin dan istilah asing lainnya diketik dengan huruf miring.

Abstrak. Ditulis dalam bahasa Indonesia (Abstrak) dan bahasa Inggris (Abstract), masing-masing tidak melebihi 250 kata yang dituangkan dalam satu alinea. Abstrak adalah ringkasan singkat dari artikel sehingga perlu mencakup ringkasan dari latar belakang dan tujuan penelitian, metode, hasil, dan simpulan. Kata kunci (key words) sebanyak 3 sampai 5 frasa (belum ada pada judul), disusun berurutan menurut abdjad dan diketik di bagian bawah abstrak.

Pendahuluan. Bagian pendahuluan menuliskan asal-usul dari penelitian yang memadai disertai pengacuan pada pustaka-pustaka terdahulu yang berkaitan dengan topik artikel. Tujuan penelitian disampaikan di akhir bagian pendahuluan. Nama umum organisme yang bersifat lokal harus diikuti nama ilmiahnya pada penggunaan yang pertama.

Bahan dan Metode. Bagian ini memberikan gambaran teknis penelitian yang spesifik dan terperinci. Bila diperlukan kondisi khusus, misalnya dalam hal sentrifugasi, harus dijelaskan nama dan tipe alat, suhu, waktu, dan kecepatan sentrifugasi (dalam x g). Alat-alat yang sudah umum, misalnya gelas labu, tidak perlu ditulis. Demikian pula bahan “medium agar-agar dekstrosa kentang” dan “larutan penyangga hexadecyltrimethylammonium bromide (CTAB)” yang sudah umum, cukup merujuk pada pustaka sebelumnya. Sebagai contoh ialah penulisan metode yang sudah pernah diterbitkan. Apabila ada modifikasi terhadap metode yang umum dilakukan, penulis harus menjelaskan modifikasi tersebut dengan singkat. “Ekstraksi DNA mengikuti metode CTAB dengan modifikasi pada penambahan pereaksi untuk memisahkan polisakarida dari DNA seperti yang dilaporkan oleh Stewart dan Via (1993)”.

Metode yang digunakan, termasuk cara penggunaan alat, dituliskan secara terperinci bila belum pernah diterbitkan. Satuan pengukuran menggunakan International Standard Units (g, kg, L, cm) dan model penulisan g L-1 bukan g/L. Bila dalam penelitian menggunakan beberapa jenis galur (strain)/isolat/ mutan mikrob, penulisannya dalam bentuk tabel yang berisi identitas (nama, kode, nomor koleksi, sumber, dan karakter fisiologi atau genetika) dari galur/isolat/mutan mikrob tersebut.

Hasil. Bagian hasil penelitian ditulis secara terpisah dari pembahasan. Pemaparan hasil harus jelas dan akurat, tidak disertai pustaka atau pembahasan, dan tidak mengulang metode percobaan yang sudah dijelaskan di bagian bahan dan metode. Tabel dan gambar (grafik) dibuat untuk mendukung pernyataan hasil. Format tabel (tanpa garis tegak dan garis pada area informasi) dan gambar dalam bentuk terbuka (tanpa garis batas atas dan kanan). Judul tabel (di atas tabel) dan judul gambar (di bawah gambar) diberi nomor sesuai urutan pengacuannya di dalam teks. Setiap tabel dan gambar harus dirujuk dalam teks. Data yang sama tidak dapat disajikan dalam bentuk tabel dan gambar (grafik) sekaligus, harus dipilih salah satu. 

Pembahasan. Bagian ini mencakup interpretasi terhadap hasil penelitian dan pembahasan terhadap hasil-hasil penting yang dipaparkan pada bagian hasil. Pembahasan hasil dikaitkan dengan perumusan masalah, tujuan, dan hipotesis. Dalam pembahasan penulis juga perlu membandingkan dengan hasil penelitian yang telah dipublikasikan sebelumnya atau informasi terkini dalam bidang terkait. Pada bagian akhir pembahasan dikemukakan simpulan dan implikasi bagi bidang terkait. Hal yang perlu dihindari ialah pengulangan metode, hasil, atau informasi yang telah ditulis pada bab sebelumnya.

Kesimpulan. Kesimpulan berisi simpulan dari hasil penelitian. Tidak diperkenankan membahas kembali data atau hasil penelitian. Kesimpulan ditulis dalam satu paragraf tanpa penomoran.

Ucapan Terima Kasih. Bagian ini dapat digunakan untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyandang dana dan pihak (lembaga maupun perorangan) yang berjasa dalam pelaksanaan penelitian atau penulisan naskah artikel.

Daftar Pustaka. Daftar pustaka disusun berdasarkan pada urutan abdjad nama akhir penulis pertama. Nama penulis pertama dan penulis berikutnya didahului nama akhir/nama keluarga yang diikuti singkatan nama pertama dan nama tengah tanpa dipisahkan tanda koma atau titik. Penggunaan pustaka primer sangat dianjurkan, setidaknya ada beberapa pustaka terbitan 3 tahun terakhir.

Artikel online

Alishiri A, Rakhshandehroo F, Zamanizadeh HR, Palukaitis P. (2013). Prevalence of Tobacco mosaic virus in Iran and evolutionary analyses of the coat protein gene. Plant Pathol J. 29:260-273.

Buku

Agrios G. (2005). Plant Pathology. San Diego (US): Academic Press.

Artikel dalam Prosiding

Listihani, Hidayat SH, Wiyono S, Damayanti TA. (2018). First report of Tobacco mosaic virus on cucumber [Cucumis sativus (L.)] in Java, Indonesia. IOP Conf Series: Earth Environ Sci 197:1-8.

Skripsi, Tesis, atau Disertasi

Yuniti, IGAD. (2018). Polimorfisme Fragmen DNA CVPDr Pada beberapa Jenis Tanaman Jeruk di Bali [disertasi]. Denpasar. Universitas Udayana. 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.