PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN HATI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA GURU SMA NEGERI 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Cokorde Istri Mirah Kusuma Widiawati SMA Negeri 7 Denpasar

Keywords:

pendidikan karakter, pendekatan hati, guru, revolusi industri 4.0

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dan strategi dalam penenaman pendidikan karakter denganpendekatan hati pada era revolusi industri 4.0 pada guru di SMA Negeri 7 Denpasar. Jenis penelitian iniadalah penelitian tindakan sekolah (PTS). Subjek penelitian adalah guru SMA Negeri 7 Denpasar dan objekpenelitian adalah penanaman pendidikan karakter memalalui pendekatan hati. Dalam penelitian digunakanmetode tes dan metode observasi. Data yang diperoleh dari hasil observasi mengolah data denganmenggunakan metode analisis statistik deskriptif. Dalam setiap siklus ada beberapa tahapan yang dilaluiyaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitiaan tindakan ini menunjukkan nilairata-rata guru pada refleksi awal dengan predikat cukup, selanjutnya meningkat pada siklus I dan meningkatlagi pada siklus II dengan predikat Penerapan pendidikakan karakter dengan pendekatan hati pada guruSMA Negri 7 Denpasar pada era revolusi industri 4.0 mengalami peningkatan yang signifikan, gurumengajar di sekolah dengan ramah dan penuh kasih sayang untuk membentuk watak dan prilaku pesertadidik. Dengan penanaman pendidikan karakter melalui pendekatan hati dapat menumbuh kembangkanakhlak budi pekerti guru dalam lingkungan sekolah dan terjalin hubungan kerjasama yang baik.

Downloads

Published

2020-07-01