ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI KELAS X MIPA 4 SMAN 5 DENPASAR

Authors

  • Yuliana Chandra Dewi Setianing Ayu M Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Suarniti Noviantari Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Suwija Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

analisis kesalahan, Prosedur Newman

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika materi fungsi eksponensialberdasarkan Prosedur Newman dan penyebab kesalahannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XMIPA 4 SMA Negeri 5 Denpasar yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling laludikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok tinggi, sedang, dan rendah yang diambil 2 siswa darimasing-masing kelompok sehingga subjek penelitian menjadi 6 siswa. Pengumpulan data diperoleh denganmenggunakan teknik observasi, teknik tes, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi yang kemudiandianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data(triangulasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase jenis kesalahan yang dilakukan siswaberdasarkan prosedur Newman adalah kesalahan membaca masalah yang dilakukan siswa sebesar 6,25%,kesalahan memahami masalah sebesar 6,25%, kesalahan transformasi sebesar 18,75%, kesalahankemampuan proses sebesar 27,08%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 41,67%. Penyebabkesalahan siswa adalah 31,70% siswa kurang teliti, 26,82% siswa terlalu terburu-buru, 4,87% siswa belumpaham maksud soal, 7,31% siswa kurang berlatih soal-soal, 9,75% siswa kurang memanfaatkan waktudengan baik, 7,31% siswa tidak percaya diri, 2,43% siswa salah dalam menghitung (komputasi), dan 9,75%siswa belum paham menggunakan metode atau rumus.

Downloads

Published

2020-07-01