KECEMASAN MATEMATIS (MATH ANXIETY) DILIHAT DARI PERBEDAAN GENDER

Authors

  • I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Bali

Keywords:

Kecemasan Matematis, Perbedaan Gender

Abstract

Kecemasan matematis dapat didefinisikan sebagai rasa takut, cemas serta khawatir yang dihadapi mahasiswasaat dihadapkan pada materi matematika. Kecemasan tidak selalu memberikan hasil yang negatif pada hasilbelajar yang diraih mahasiswa, tergantung pada tingkatan dan porsi dari kecemasan itu sendiri. Penelitian inidilakukan pada 192 orang mahasiswa program studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bali yang terbagimenjadi 100 orang wanita dan 92 orang pria pada rentang usia 18-22 tahun . Data pada penelitian inidikumpulkan melalui kuisioner yang disebar acak pada 4 angkatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkanbahwa rerata kecemasan matematis dari mahasiswa wanita lebih tinggi dari pria. Ini mengindikasikan bahwamahasiswa wanita cenderung lebih mudah khawatir dari pria. Lebih lanjut, hasil uji-t juga menunjukkanadanya perbedaan kecemasan matematis secara signifikan antara mahasiswa wanita dan pria. Hasil penelitianini sejalan dengan penelitian yang telah dilakukan oleh Siti Imro’ah (2019) yang menyatakan bahwa tingkatkecemasan matematis siswa perempuan lebih tinggi dari laki-laki. Namun penelitian ini dilaksanakan padapeserta didik pada tingkat SMP. Yang menjadi perbedaan dengan penelitian yang dilakukan oleh penulis saatini adalah tingkat pendidikan dimana penelitian saat ini dilaksanakan pada peserta didik tingkat perguruantinggi. Hasil ini dapat dilanjutkan ataupun dijadikan dasar pertimbangan dalam pengembangan modelpembelajaran khususnya pada tingkat perguruan tinggi.

Downloads

Published

2020-07-01